6 Macam Teknik dalam Digital Marketing yang Bikin Bisnismu Kebanjiran Order

Posted on

Digitalmarketingproperty.com – Digital marketing jadi strategi yang paling relevan untuk mengelola bisnis online di zaman sekarang karena jangkauan dan aksesnya yang tak terbatas. Berbeda dari pemasaran konvensional, kini pelaku bisnis makin mudah menawarkan produknya berkat kecanggihan teknologi. 

Namun, dibalik kemudahan yang ditawarkan, digital marketing juga butuh perencanaan yang matang, apalagi ada banyak teknik yang perlu dipahami dalam digital marketing. Berikut ini macam-macam teknik dalam digital marketing untuk meningkatkan penjualan maupun membangun branding.

Teknik Digital Marketing Agar Bisnis Berkembang Pesat

Merintis bisnis di era digital seperti sekarang punya banyak kemudahan sekaligus tantangan, salah satunya adalah banyaknya kompetitor. Kendati demikian, bukan hal mustahil untuk mengembangkan bisnis online dan memperbesar omzetnya selama memahami teknik digital marketing seperti berikut. 

  • Optimalkan Website dengan SEO

Memiliki website bisnis saja tidaklah cukup, karena harus dioptimalkan dengan fitur SEO (Search Engine Optimization). Fitur ini makin populer di kalangan pebisnis online karena website yang mengoptimalkan SEO bisa berada di peringkat pertama mesin pencarian. Artinya, makin besar pula peluang sebuah web dikenal dan traffic-nya pun turut meningkat. 

Meski begitu, optimasi SEO juga tak semudah membalikkan telapak tangan. Ada beberapa faktor yang perlu diperhatikan jika ingin menerapkan teknik digital marketing ini. Mulai dari konten yang berkualitas, desain web yang menarik dan responsif, hingga membangun backlink. 

  • Konten Digital Marketing 

Istilah ‘content is king’ rasanya tidak berlebihan dalam teknik digital marketing. Konten yang diposting melalui website maupun sosial media dapat mempengaruhi calon customer untuk melakukan pembelian. Tak hanya itu, konten menjadi sarana untuk memperkenalkan sebuah brand ke masyarakat. Konten dalam teknik digital marketing bisa berbentuk artikel, e-book, video, brosur online, hingga infografis.

  • Sosial Media Marketing

Macam-macam teknik dalam digital marketing yang selanjutnya adalah menggunakan sosial media sebagai alat promosi. Penggunaan sosial media dinilai efektif karena tingginya jumlah pengguna. Selain itu, sosial media seperti Instagram dan Facebook juga sudah dilengkapi dengan tools yang mendukung kegiatan digital marketing. Bahkan, pelaku bisnis dapat mengintegrasikan sosial media dengan website untuk meningkatkan brand awareness. 

  • Instant Messaging Marketing

Instant messaging marketing makin populer beberapa tahun belakangan. Strategi pemasaran ini menggunakan pesan singkat melalui aplikasi chatting, seperti WhatsApp dan Facebook Messenger. Instant messaging marketing ini bisa digunakan untuk memperkenalkan sebuah produk pada calon customer potensial maupun follow up. 

  • Television Advertising

Teknik pemasaran melalui televisi masih sangat relevan untuk perkembangan bisnis di era digital. Meskipun biaya yang dibutuhkan relatif besar dibanding pemasaran melalui sosial media, tapi Television Marketing sangat jitu untuk meningkatkan penjualan, apalagi jika iklan ditayangkan pada jam-jam prime time dan di acara dengan rating tinggi. 

  • Email Marketing

Terakhir, ada email marketing yang banyak diminati pelaku bisnis online. Sesuai dengan namanya, teknik digital marketing ini menggunakan email sebagai sarana promosi. Melalui email, pelaku bisnis dapat memperkenalkan produknya, mengedukasi calon customer potensial, hingga membuat promo. Berbeda dari teknik digital marketing lainnya, email marketing memungkinkan pelaku bisnis untuk menjalin komunikasi secara lebih personal dengan calon customer. Bahkan, penawaran melalui email marketing memungkinkan customer untuk meneruskan atau merekomendasikan produk tersebut ke orang lain, sehingga jangkauannya lebih luas.

Itulah macam-macam teknik dalam digital marketing yang perlu diketahui pelaku bisnis online. 

Gravatar Image
Yusuf Hidayat adalah Founder Digitalmarketingproperty.com. Kekagumannya pada metode pemasaran Digital dimulai sejak 2007 dengan Mendalami Search Engine Optimization (SEO). Sejak 2013 fokus di digital marketing dengan specialisasi : Search Engine Optimization (SEO), Search Engine Marketing (SEM), Social Media Marketing (SMM)