7 IDE Usaha untuk Orang Tua Yang Cocok Menjelang Pensiun

Posted on

Digitalmarketingproperty.com – Memasuki masa tua, orang tua seringkali akan pensiun dan berhenti bekerja. Kemudian, giliran anaknya yang bakal merawat dan menanggung hidup orang tua. Namun, terkadang terdapat orang tua yang masih hendak menjalankan usaha supaya tetap produktif. Jika orang tua Anda hendak berbisnis, Anda tidak boleh langsung melarangnya. Perhatikan kondisi kesehatannya. Jika masih memungkinkan bekerja, barangkali ada baiknya Anda membiarkannya berbisnis. Meski usianya telah 50-an tahun ke atas, orang tua tetap masih dapat bekerja dan berkarya. Tentu saja, bisnis yang dipilih usahakan yang gampang dikelola.

Berikut adalah beberapa  peluang bisnis yang sesuai untuk orang tua berusia lanjut, diantaranya adalah :

Warung Makan

Biasanya, orang tua pandai sekali memasak. Kebiasaan memasak bagi keluarga, membuatnya punya pengalaman untuk membuat makanan yang lezat. Coba salurkan keterampilan memasak dengan membuka warung rumahan. Warung dapat dibuka di depan rumah dan mempekerjakan sejumlah orang untuk membantu orang tua melayani pembeli.

Bisnis Kue

Jika orang tua punya keterampilan membuat kue ketika masih muda, cobalah lanjutkan saja di masa tua. Sebab membuat kue yang enak tentu ada rahasianya. Tidak sekadar resep, tapi perlu keterampilan dan skil dalam mengubah adonan. Bisnis kue ini dapat jadi bisnis sampingan. Namun bila banyak pesanan, orang tua juga dapat meminta anggota kluarga untuk menolongnya.

Toko Kelontong

Anda dapat membuka toko kelontong sebagai usaha bagi orang tua. Banyak orang tua yang masih aktif berjualan dengan membuka toko kelontong. Orang tua Anda pun dapat melakukannya seandainya mereka mau. Barang-barang yang dijual dapat beraneka macam, disesuaikan dengan modal usaha. Misalnya, memasarkan produk minuman ringan, snack, susu, es krim, detergen, tisu, dan produk-produk keperluan rumah tangga lainnya.

Sewa Kost

Jika orang tua Anda punya properti atau lahan kosong dan punya cukup modal, maka coba membangun rumah kost. Bisnis ini tidak susah dikelola, sebab orang tua hanya perlu memantau saja. Sementara untuk pemantauan selama 24 jam, Anda dapat memperkerjakan sekuriti atau penjaga kosan. Pembayarannya pun dapat ditransfer atau penyewa langsung bertemu orang tua Anda dalam waktu tertentu.

Usaha Kerajinan Tangan

Orang tua dapat memanfaatkan kegemarannya dalam membuat kerajinan tangan untuk bisnisnya. Pilih jenis kerajinan tangan yang dikuasai dan gampang dilakukan. Misalnya, membatik, menyulam, membuat boneka kain, gelang dari tali, membunga bunga dari kertas dan sebagainya. Usaha ini juga dapat dikerjakan sendiri. Mungkin saja tidak menghasilkan banyak uang, namun yang terpenting orang tua Anda senang melakukannya dan masa-masa luangnya terisi dengan pekerjaan yang positif.

Tempat Les Anak

Cobalah membuka tempat les anak di rumah. Orang tua seringkali suka dengan anak-anak kecil. Menghabiskan waktu bareng anak-anak bisa membuat mereka senang, walau terkadang anak-anak susah diatur ya J. Pelajaran yang diajarkan juga dapat disesuaikan dengan keterampilan orang tua. Misalnya, les bahasa inggris, les mengaji dan lain-lain.

Menulis Buku

Bagi yang punya hobi menulis,  membuat cerita fiksi atau motivasi bisa orang tua lakukan dirumah. Orang tua Anda tentu memiliki segudang pengalaman berharga atau ide-ide di pikirannya. Lebih baik ditulis menjadi cerita yang nantinya dapat dijual. Tidak harus mendapatkan keuntungan yang banyak, namun karya orang tua Anda nantinya dapat menginspirasi semua pembaca. Jika bukunya laris, orang tua pun juga akan mendapatkan publisitas. Ini bisa menjadi sebuah kenangan atau hal terindah di masa tuanya.

Nah, itulah peluang usaha bagi orang tua 50-an tahun ke atas atau yang berumur lansia. Jika orang tua Anda tertarik, maka Anda dapat ikut mengelola usahanya. Sehingga Anda dapat meyakinkan bahwa mereka masih dapat bekerja dengan baik asalkan tidak mengganggu kesehatannya.

Gravatar Image
Yusuf Hidayat adalah Founder Digitalmarketingproperty.com. Kekagumannya pada metode pemasaran Digital dimulai sejak 2007 dengan Mendalami Search Engine Optimization (SEO). Sejak 2013 fokus di digital marketing dengan specialisasi : Search Engine Optimization (SEO), Search Engine Marketing (SEM), Social Media Marketing (SMM)