8 CARA Menemukan Ide Produk yang Cocok Dijual Online Terbaru 2022

Posted on

Digitalmarketingproperty.com  – Sebagai orang yang baru membukabisnis, maka akan bingung mau memasarkan produk apa. Saat ini berjualan online dapat jadi opsi yang tepat bagi pebisnis pemula. Anda bisa menjalankan bisnisnya dari mana saja, sehingga mempermudah Anda yang baru belajar berbisnis. Namun masalahnya, sudahkah Anda tahu produk apa yang harus dijual? Jika Anda masih belum memiliki gagasan usaha online yang tepat, maka tidak perlu khawatir. Tidak susah kok untuk menemukan inspirasi untuk bisnis online Anda.

Berikut adalah beberapa cara untuk mendapatkan gagasan produk online yang sesuai dan menjanjikan, diantaranya adalah :

Bisnis Offline di Sekitar Anda

Perhatikan lingkungan di dekat Anda. Kunjungi pasar, toko, dan pusat perbelanjaan. Produk-produk yang saat ini diperjualbelikan di sana, dapat Anda jual via online. Misalnya, buah-buahan di pasar dan bahan bangunan di toko material, dapat kok dijual secara online. Mengembangkan bisnis offline menjadi bisnis online paling memungkinkan di zaman digital ini.

Website Jual-Beli Online

Kunjungi website e-commerce dan marketplace populer, baik yang di Indonesia maupun mancanegara. Seperti Alibaba, Amazon, Tokopedia, Lazada, dan lain-lain.

Anda pasti menemukan tidak sedikit jenis produk terbaru maupun produk lama dari sekian banyak produsen. Ini akan membuat Anda mendapatkan banyak referensi.

Media Sosial

Banyak orang yang menjalankan bisnis online di media sosial Instagram dan Facebook. Kunjungi akun-akun online shop yang ada guna mendapatkan pengetahuan produk jualan online. Di samping itu, Anda dapat mencari informasi seputar dunia bisnis di Twitter, Youtube, dan Linkedin. Karena di sana tidak sedikit orang yang menyalurkan konten bisnis yang bisa menjadi sumber pendapatan menarik.

Forum Online

Forum komunitas online seperti contoh Kaskus, dapat memberikan Anda masukan dalam berjualan online. Perhatikan thread yang terdapat di kelompok jual-beli untuk memahami produk yang sedang ramai dibicarakan atau dijual. Anda pun dapat berinteraksi dengan semua member forum. Mereka akan senang berbagi informasi dan menyalurkan tips, sampai-sampai Anda mendapatkan gagasan tambahan guna bisnis online Anda.

Baca Review Produk

Anda tinggal mencari Google untuk menemukan website dan blog yang tidak jarang mengulas berbagai macam produk. Terutama, bacalah tulisan review mengenai produk yang Anda minati. Dengan sering membaca pembahasan produk, Anda jadi tahu produk apa saja yang digemari dan tidak disukai. Ini dapat jadi bahan pertimbangan dalam menilai produk jualan online yang tepat.

Akun Influencer

Perhatikan postingan-postingan influencer di media sosial dan blog. Sejumlah influencer sering di-endorse toko-toko online guna mempromosikan produknya. Ini bisa menjadi inspirasi, sebab Anda jadi tahu produk dan toko online apa saja yang sedang hits. Sehingga Anda mendapatkan referensi gagasan produk yang cocok.

Testimoni Pelanggan Online

Kunjungi website-website toko online. Biasanya, semua pelanggan sering meninggalkan komentar atau testimoni secara jujur tentang produk yang telah dibelinya. Anda dapat membaca testimoni mereka untuk memahami produk apa saja yang digemari masyarakat. Ini dapat menambah referensi Anda dalam menemukan gagasan produk yang menjanjikan.

Kompetitor

Anda barangkali sudah mendapatkan satu atau dua macam produk yang bakal dijual. Kemudian, amati toko-toko online yang menjual jenis produk yang sama dengan yang hendak Anda jual. Pelajari bagaimana pemasaran kompetitor Anda dalam memasarkan produknya. Sehingga Anda dapat mendapatkan informasi mengenai strategi berbisnis online guna menyaingi kompetitor Anda itu.

Nah, itulah cara-cara menemukan gagasan produk yang layak dijual online. Setelah Anda menemukan inspirasi, maka Anda jangan terlalu lama untuk mempertimbangkannya. Namun, beranilah mengawali toko online Andadengan segera. Selamat mencoba!

 

Gravatar Image
Yusuf Hidayat adalah Founder Digitalmarketingproperty.com. Kekagumannya pada metode pemasaran Digital dimulai sejak 2007 dengan Mendalami Search Engine Optimization (SEO). Sejak 2013 fokus di digital marketing dengan specialisasi : Search Engine Optimization (SEO), Search Engine Marketing (SEM), Social Media Marketing (SMM)