Alasan Konsumen Tidak Tertarik Dengan Usaha Anda

Posted on

Digitalmarketingproperty.com –Suksesnya sebuah usaha sangat didasari dari besarnya minat konsumen terhadap usaha anda. Rendahnya minat konsumen akan sangat berpengaruh pada omset pendapatan pada usaha yang anda jalankan. Maka menarik konsumen agar mau membeli produk atau menggunakan jasa anda amatlah penting. Berbagai faktor dapat menjadi alasan mengapa konsumen tidak tertarik pada produk atau jasa dari usaha anda. Bisa jadi karena produk yang anda tawarkan tidak begitu menarik, atau dalam sistem pemasaran nya terdapat kesalahan.

Konsekuensi terbesar jika anda kurang dekat atau tidak bisa menarik perhatian para konsumen untuk membeli produk atau menggunakan jasa pada usaha anda adalah kegagalan dalam usaha. Maka dari itu, sangat penting sekali bagi anda untuk tahu apa saja faktor penyebab konsumen tidak mau membeli apa yang anda tawarkan. Dengan demikian anda bisa memikirkan upaya antisipasi yang tepat. Selain itu dengan mudahnya anda menarik banyak konsumen, usaha pun akan lebih mudah berkembang. Bagi anda yang penasaran dan ingin mengetahui lebih dalam lagi, berikut ini kami sajikan ulasan lengkapnya bagi anda.

Young couple buying new home

Alasan Konsumen Tidak Tertarik

  1. Produk tidak menarik

Alasan pertama adalah produk yang di tawarkan tidak menarik. Baik dari segi bentuk, fungsi, sampai kemasan. Kebanyakan konsumen justru tertarik jika melihat cover-nya kemasan atau cover produknya terlebih dulu. kemudian barulah isi serta fungsinya. Jika ketiga hal tersebut memiliki daya tarik besar maka anda akan dengan mudah menjualnya kepada konsumen.

  1. Harga terlalu mahal

Mahal nya sebuah produk memang termasuk relatif. Maka dari itu sesuaikan target pasar anda. Lihatlah kondisi UMR daerah tersebut dan siapa saja pasar yang anda buru. Jika anda menyasar kalangan menengah bawah, maka menjual produk seharga jutaan rupiah akan sulit laku. Selain itu jika harganya tidak mencerminkan kualitas, pelanggan pun menjadi tidak tertarik membeli produk anda.

  1. Produk mudah dibuat
Baca Juga  RAHASIA Menjalankan Bisnis Jasa Titip Barang Secara Online

Alasan konsumen membeli sebuah produk atau menggunakan sebuah jasa karena ingin mendapatkan kemudahan tertentu. Jika produk/jasa yang anda tawarkan mudah dibuat sendiri maka konsumen akan berpikir bahwa mereka tak perlu repot-repot membeli karena membuat sendiri lebih hemat. Untuk mengatasi ini anda dapat membuat sebuah inovasi dengan membuat produk atau jasa pada usaha anda yang berbeda dari para pesaing.

  1. Pasaran

Bisa jadi barang atau jasa yang anda tawarkan cukup pasaran. Dengan begitu, otomatis membuat daya tarik konsumen terhadap usaha anda menjadi berkurang. Mereka akan beranggapan bahwa lebih baik membeli di toko dekat rumah sehingga tidak jadi membeli di tempat anda. Maka sebisa mungkin buatlah inovasi agar produk yang anda pasarkan memiliki daya tarik.

  1. Tidak ada diskon

Diskon merupakan salah satu metode promosi paling ampuh meskipun tergolong klasik. Dengan adanya diskon dan berbagai promo lainnya, konsumen akan berpikir bahwa produk yang anda tawarkan menjadi lebih terjangkau dibanding produk lain dan daya beli para produk tersebut pun akan meningkat. Karena pada dasarnya pembeli menginginkan harga yang lebih murah sehingga diskon adalah upaya tepat untuk menarik banyak pembeli. Jika produk anda tak kunjung laku, cobalah untuk memberikan diskon untuk mempercepat penjualan.

Nah, itulah tadi beberapa ulasan lengkapnya bagi anda mengenai berbagai alasan yang menjadikan konsumen tidak tertarik pada usaha anda. Semoga bermanfaat.

Baca Juga  Cara Meningkatkan Omset Bisnis Makanan
Gravatar Image
Yusuf Hidayat adalah Founder Digitalmarketingproperty.com. Kekagumannya pada metode pemasaran Digital dimulai sejak 2007 dengan Mendalami Search Engine Optimization (SEO). Sejak 2013 fokus di digital marketing dengan specialisasi : Search Engine Optimization (SEO), Search Engine Marketing (SEM), Social Media Marketing (SMM)