Apa Saja Media Digital Marketing?

Posted on

Digitalmarketingproperty.com – Sebagai pebisnis, Anda pastinya sudah tak asing dengan istilah digital marketing. Sekarang, kebanyakan bisnis baik itu UKM hingga yang sudah besar sekalipun lakukan pemasaran dengan digital. Pasalnya, strategi pemasaran digital relatif lebih hemat biaya atau murah dibandingkan dengan lakukan pemasaran melalui radio, media cetak, maupun TV. Maka dari itu, pemasaran digital mungkin sekali dilakukan oleh pelaku bisnis UKM. 

Selain itu, pemasaran digital pun terdiri dari banyak jenis serta lebih mudah dimonitor. Pada sisi yang lain, dengan banyaknya jenis atau media pemasaran digital dan berbagai istilah yang ada di dalamnya dapat membuat pebisnis menjadi bingung di dalam tentukan strategi yang cocok serta sesuai tujuan yang ingin untuk dicapai pada bisnis. 

Agar Anda tak bingung, berikut sejumlah media digital marketing yang harus Anda ketahui dan coba untuk bisnis. 

Media-Media Digital Marketing

  • Content Marketing

Jenis digital marketing ini berfokus ke proses pembuatan serta pendistribusian konten ke target pelanggan atau customer bisnis. Tipe pemasaran ini lebih menekankan pada pembuatan konten secara konsisten, relevan, bernilai, serta engaging untuk audiens. 

Dengan buat konten yang audiens cari, Anda pun dapat secara lebih mudah menarik pelanggan. Sekarang ini, bisnis rata-rata terapkan content marketing, lewat video, blog, e-book, podcast, dan lain sebagainya. 

  • Social Media Marketing

Pemasaran ini hampir dipakai oleh semua pelaku bisnis. Melalui sosial media, Anda bisa untuk menarik pelanggan atau pembeli, tingkatkan kesadaran orang mengenai brand bisnis, bahkan membangun hubungan dengan customer atau pelanggan. 

Saat ini, ada banyak platform sosial media yang dapat Anda pilih seperti Twitter, Instagram, Facebook, dan lain sebagainya. Pilih sosial media sesuai target pasar Anda. Misalnya, apabila Anda ingin tekankan di visual contohnya seperti bisnis baju, Instagram kemungkinan menjadi pilihan lebih sesuai untuk bisnis Anda. Jika spesialisasi bisnis Anda merupakan B2B, LinkedIN menjadi platform tepat untuk Anda. 

Baca Juga  Teknik Digital Marketing Property untuk Hasil yang Maksimal

Lakukan social media marketing pun tak membutuhkan biaya yang besar-besaran. Bahkan, Anda pun bisa melakukan dengan gratis. 

  • Email Marketing

Media digital marketing selanjutnya adalah email marketing. Umumnya email marketing dipakai untuk pemasaran bersifat langsung seperti sampaikan informasi, promo, penawaran, dan lain sebagainya. Namun, email marketing pun dapat digunakan untuk melakukan interaksi dengan pelanggan. 

Kemungkinan besar, pelanggan Anda terima email yang banyak tiap harinya. Oleh sebab itu, Anda perlu untuk terapkan beberapa strategi di dalam lakukan email marketing agar email Anda dibaca. Cari tahu kapan waktu pas untuk kirim email dan terus memperbarui mailing list bisnis Anda. Agar tak repot, Anda bisa pakai email marketing tools. 

  • Search Engine Optimization (SEO)

SEO dilakukan guna optimasi supaya website toko online memiliki ranking tinggi dan bagus di hasil mesin pencarian. SEO sifatnya gratis dan organik. Banyak orang malah pindah pada halaman ke 2 ketika mencari sesuatu pada mesin pencari. Oleh sebab itu, SEO penting apabila Anda ingin web bisnis online milik Anda mudah untuk ditemukan oleh calon pembeli serta dapatkan trafik tinggi.

SEO bersifat jangka panjang. Anda bisa menerapkannya dengan memilih kata kunci yang tpat serta pastikan website bisnis online Anda SEO friendly. Jika Anda tak mau pusing, bisa memakai jasa buat toko online sehingga website dapat lebih optimal.  

Ternyata ada cukup banyak media digital marketing, mulai yang dapat Anda lakukan sendiri hingga yang memerlukan jasa pihak yang lain seperti jasa email marketing dan lainnya. Nah, Anda bisa mencoba eksplor setiap media atau jenis tersebut agar mengetahui kira-kira mana yang cocok dengan bisnis Anda. Semoga bermanfaat. 

Gravatar Image
Yusuf Hidayat adalah Founder Digitalmarketingproperty.com. Kekagumannya pada metode pemasaran Digital dimulai sejak 2007 dengan Mendalami Search Engine Optimization (SEO). Sejak 2013 fokus di digital marketing dengan specialisasi : Search Engine Optimization (SEO), Search Engine Marketing (SEM), Social Media Marketing (SMM)