Apa Saja Tugas Digital Marketing?

Posted on

Digitalmarketingproperty.com – Berkarir di bidang marketing itu nggak akan ada matinya, sebab akan selalu ada perusahaan yang membutuhkan jasa seorang marketing. Apalagi di era digital ini, banyak tenaga digital marketer dicari, banyak jasa digital marketing laris manis di pasaran. Ingin tahu tugas digital marketing ? simak keterangan berikut !

  • Melakukan Website Marketing

Digital marketing adalah pemasaran yang dilakukan dengan memanfaatkan teknologi digital, utamanya website. Seorang digital marketing harus memiliki kemampuan memberikan suggest, agar website yang dikelola bisa menjadi sarana pemasaran dan mendatangkan banyak pengunjung.  

Website tersebut dibuat oleh seorang web developer programmer dan seorang digital marketinglah yang nantinya akan mengisi konten di website tersebut. Jadi, seorang digital marketer harus saling bekerjasama dengan web developer programmer untuk menjalankan pemasaran digital sebuah perusahaan.  

  • Mengoptimasi Minat Pengunjung 

Selanjutnya, tugas digital marketing adalah memanfaatkan peran SEO untuk mengoptimasi website agar muncul di halaman utama mesin pencarian. Dengan cara tersebut, pengunjung website kemudian akan ditarik menjadi pembeli atau customer jasa/ produk yang anda tawarkan. Hal itu tentu membutuhkan dana, sebab mustahil rasanya melakukan pemasaran tanpa harus mengeluarkan dana sepeserpun.

Oleh sebab itu, seorang yang memilih digital marketing sebagai jalan karirnya, harus tahu cara mengoptimasi SEO untuk website. Hal itu bertujuan, agar website yang dikelola bisa masuk di halaman pencarian utama Google dan berpeluang mendapatkan konsumen dari pengunjungnya.

  • Mengelola Iklan di Mesin Pencarian

Selain SEO, hal lain yang harus dikuasai dan dipahami oleh seorang digital marketer adalah Search Engine Marketing (SEM). Untuk menggunakannya seorang digital marketer harus terlebih dahulu melakukan pembayaran di Google Ads. Harga yang ditawarkan sangat variatif, ada yang murah, pas-pasan, dan mahal, itu bisa disesuaikan dengan masing-masing kebutuhan.

Baca Juga  4 RAHASIA Membuat Konten Berbasis Data Yang Jarang Diketahui

Seorang digital marketer hendaknya dapat mengelola iklan dengan baik dan benar dan juga berpengalaman agar, biaya yang dikeluarkan tidak sia-sia. Jika tepat sasaran, penghasilan yang diperoleh juga tidak akan cuma-cuma, bisa sebanding bahkan lebih dari modal awal yang digunakan. 

  • Mengelola Iklan di Media Sosial

Tugas digital marketing selanjutnya adalah mengelola iklan di media sosial, dalam hal ini yang umum digunakan di Indonesia adalah Instagram Ads dan Facebook Ads.  Pekerjaan yang demikian bukan pekerjaan yang dilakukan oleh admin media sosial, seperti misal membalas komen dari pelanggan atau mengunggah konten

Social Media Marketing adalah strategi digital marketing yang dilakukan untuk membangun awareness sebuah produk. Tujuannya adalah mendapatkan traffic dan customer dari media sosial. Jadi iklan SMM merupakan jenis iklan yang tujuannya menarik perhatian seseorang terhadap suatu jasa, produk, atau brand melalui media sosial. 

  • Membangun Strategi  Funneling Marketing
Teacher Talks To Students In Communal Area Of College Campus

SEO, SEM, SMM, sebenarnya memiliki satu tujuan yang sama, yaitu menarik pengunjung sebanyak mungkin, nantinya akan dimanfaatkan untuk Lead Generation. Kemudian akan dilanjutkan dengan interest, decision, dan action yang erat kaitannya dengan transaksi penjualan.

Seorang digital marketer harus bisa merancang funneling marketing yang tepat agar leads yang dibangung semakin banyak, dan penjualan semakin meningkat. Perancangan strategi funneling marketing bisa dilakukan bersama-sama dengan divisi-divisi lain yang ada di perusahaan. Jadi, seorang digital marketing juga butuh dukungan dari divisi lain agar pemasaran yang dilakukan bisa berjalan dengan lancar. 

Demikian 5 tugas digital marketing yang harus diketahui dan dipahami oleh seorang calon digital marketer. Ingat ya, digital marketer tidak hanya bertanggung jawab atas “konten apa yang akan diunggah hari ini”, tetapi lebih dari itu. Yuk belajar digital marketing !

Gravatar Image
Yusuf Hidayat adalah Founder Digitalmarketingproperty.com. Kekagumannya pada metode pemasaran Digital dimulai sejak 2007 dengan Mendalami Search Engine Optimization (SEO). Sejak 2013 fokus di digital marketing dengan specialisasi : Search Engine Optimization (SEO), Search Engine Marketing (SEM), Social Media Marketing (SMM)