Apa yang harus dilakukan pertama kali jika ingin memulai sebuah bisnis digital?

Posted on

Digitalmarketingproperty.comBisnis digital adalah suatu peluang bisnis atau usaha yang dalam pelaksanaannya memanfaatkan perkembangan teknologi komunikasi, demi menghasilkan produk dan pemasaran produk yang berbasis digital. Untuk memulai bisnis digital tentunya para pelaku bisnis dituntut untuk memahami perkembangan teknologi saat ini. Berikut ini beberapa tips dan cara sukses memulai sebuah bisnis digital.

  • Meyakinkan diri dan diskusikan rencana bisnis bersama

Suatu bisnis digital bukan saja tentang pengetahuan penggunaan teknologi, melainkan tentang keyakinan dan kepercayaan dari dalam diri. Jika ini pertama kalinya anda memulai suatu bisnis maka anda harus punya semangat dan kemauan yang keras. Bila perlu diskusikan rencana bisnis dengan anggota atau team yang akan anda ajak bersama-sama memulai bisnis tersebut, harus ada pola pikir yang benar yang mampu membaca momen atau peluang bisnis. Hadirnya banyak pesaing bisnis membuat anda harus kreatif dalam memikirkan Ide bisnis digital, peluang bisnis hingga rencana bisnis. Rencana bisnis juga harus ditulis dan dibuat rapi, sehingga anda tidak kesusahan nantinya. Sebagai pemilik bisnis digital anda harus punya kreatifitas tinggi, mulailah dulu dari dalam diri sendiri maka secara otomatis mereka yang bekerja dibawah anda akan mengikuti konsep serta pola pikir untuk kemajuan bisnis bersama. 

  • Persiapkan dan perkirakan kebutuhan modal

Walaupun kebanyakan bisnis digital hanya akan membutuhkan modal kecil, karena anda tak harus ribet mempersiapkan tempat seperti toko dan lai sebagainya, hal ini dikarenakan semua kegiatan transaksi jual beli dilakukan secara online tanpa harus bertemu dengan kostumer setiap harinya. Namun ada baiknya anda mempersiapkan dan menghitung perkiraan modal dengan baik. Perhitungan perkiraan modal untuk bisnisdigital ini harus masuk dalam perencanaan bisnis pada saat suatu bisnis ingin dimulai. Jadi, ketika anda sudah memikirkan dan mendapatkan ide bisnis apa yang ingin ditekuni dan dijalani, maka langkah selanjutnya ialah perkiraan modal yang akan dibutuhkan selama dan dalam memulai bisnis. Adapun modal yang dibutuhkan untuk suatu bisnis digital ialah untuk kegiatan seperti foto produk, promosi produk dengan endorser juga membutuh biaya. Untuk foto produk memang bisa dilakukan sendiri akan tetapi, karena baru memulai bisnis ada baiknya anda menyewa jasa fotografer profesional yang mampu membuat produk anda semakin terlihat menarik oleh para kostumer.

  • Promosi untuk memperkenalkan produk

Hal berikut yang harus dipersiapkan untuk memulai suatu bisnis digital ialah promosi. Dalam dunia bisnis digital promosi sangatlah penting untuk pengenalan produk yang akan dipasarkan. Kebanyakan pebisnis digital saat ini mengandalkan endorse demi memperkenalkan produk jualan mereka. Dalam melakukan endorse anda harus mempersiapkan kemungkinan biaya yang akan dikeluarkan selama proses promosi. Selain promosi menggunakan sosial media, mulai dari tiktok, instagram, facebook dan twitter, ada baiknya anda membuat halaman web khusus untuk memudahkan calon pembeli mencari tahu tentang produk anda. Selain disarankan untuk selalu melakukan promosi sepanjang waktu, demi kemudahan pemasaran produk. Anda juga dapat memanfaatkan marketplace sebagai media, sarana prasarana bisnis digital.

Itulah beberapa tips dan cara memulai sebuah bisnis digital. Bagi anda yang tertarik menjalankan bisnis digital, maka bisa mencoba tips dan cara tersebut. Ada banyak jenis bisnis digital beberapa contoh bisnis digital mulai dari membuka toko online hingga bisnis jasa. Bisnis digital berkembang pesat dan telah banyak dilakukan, khususnya lagi pada saat kondisi pandemi covid yang terjadi belakangan ini. 

Gravatar Image
Yusuf Hidayat adalah Founder Digitalmarketingproperty.com. Kekagumannya pada metode pemasaran Digital dimulai sejak 2007 dengan Mendalami Search Engine Optimization (SEO). Sejak 2013 fokus di digital marketing dengan specialisasi : Search Engine Optimization (SEO), Search Engine Marketing (SEM), Social Media Marketing (SMM)