Apa yang Kalian Ketahui Dengan Pemasaran Digital dan Strateginya?

Posted on

Tren pemasaran digital atau istilah lainya adalah Digital Marketing ini, memang belakangan sedang banyak dilakukan oleh para pebisnis. Sebenarnya apa itu pemasaran digital dan bagaimana strategi yang harus dilakukan untuk mendongkrak penjualan produk, atau juga layanan jasa dari suatu brand atau bisnis tertentu, dengan menggunakan teknik tersebut.  

Apa itu pemasaran digital

Adapun pengertian dari pemasaran digital adalah suatu kegiatan pemasaran atau juga promosi dari sebuah brand atau juga produk, dengan menggunakan media digital atau juga media internet.

Sedangkan tujuan dari pemasaran digital atau istilah lainnya adalah digital marketing tersebut adalah untuk menarik para konsumen, serta calon konsumen secara lebih cepat. Apalagi seperti diketahui bersama, penggunaan teknologi dan juga internet di masyarakat belakangan ini terbilang luas. Hasilnya tidak heran, jika pemasaran digital, akan jadi pilihan tepat, bagi banyak perusahaan untuk menginformasikan layanan dan produk yang diberikan.

Strategi pemasaran digital

Lalu bagaimana dengan teknik strategi pemasaran digital yang sebaiknya dilakukan, untuk mendongkrak popularitas jasa atau produk yang Anda tawarkan pada konsumen. Berikut ini adalah beberapa strategi pemasaran secara digital yang dapat Anda lakukan, antara lain :

  1. Sosial media marketing

Sosial media marketing adalah salah satu pemasaran digital di Indonesia yang terbilang cukup populer. Seperti namanya, maka Anda hanya perlu melakukan promosi brand dan juga konten di sosial media. Apalagi seperti diketahui bersama saat ini ada cukup banyak sosial media yang dapat digunakan sebagai tempat promosi.

Bagi Anda yang masih pemula, ada baiknya jika fokus pada 1 sosial media terlebih dahulu, dan maksimalkan. Baru kemudian mengembangkannya ke dalam beberapa sosial media lainnya.

2. Menggunakan SEO

Salah satu tujuan pemasaran digital dengan menggunakan SEO adalah agar bisnis atau dalam hal ini website yang Anda buat berada di halaman pertama mesin pencari. Hasilnya ketika para konsumen mencari tahu tentang produk yang diinginkan, dan produk tersebut berhubungan dengan bisnis Anda. Maka website Anda yang ada di urutan pertama mesin pencari.

SEO ini adalah salah satu bentuk apresiasi sistem pencarian web secara praktis. Saat ini SEO sendiri akan dibagi menjadi 2 jenis, yaitu On Page dan Off Page. Yang dimaksud dengan On Page adalah mengarah pada proses optimasi pada halaman website itu sendiri. Sedangkan untuk Off Page akan menggunakan sistem optimasi menggunakan website lain. Tujuannya keduanya agar kredibilitas dan tingkat kunjungan ke website tersebut jadi naik.

3. Influencer

Adapun strategi pemasaran digital lainnya adalah dengan menggunakan seorang influencer. Influencer sendiri adalah seseorang yang mempunyai pengaruh di bidang sosial media, atau mempunyai jumlah penggemar atau follower yang banyak, dan mampu mempengaruhi para penggemar dengan caranya sendiri.

Hasilnya dengan menggunakan influencer seperti ini, membuat sistem promosi produk atau jasa akan jadi lebih mudah, dan lebih cepat. Lantaran banyak orang yang melihat produk, yang ditawarkan oleh pihak influencer tersebut.

4. Content Marketing

Strategi lainnya adalah dengan menggunakan content marketing. Maksud dari strategi yang satu itu ini adalah melakukan promosi melalui sistem tulisan atau juga artikel. Dimana nantinya tulisan atau artikel tersebut akan diberikan atau dimasukkan ke dalam website Anda

  1. Tentu saja tulisan yang dibuat akan berhubungan dengan produk atau layanan jasa yang Anda berikan. Dalam teknik penulisannya, tidak boleh sembarangan, harus mengikuti kaidah kebahasaan dan juga menerapkan sistem SEO friendly.

Demikianlah beberapa informasi tentang apa itu pemasaran digital serta aneka strategi digital marketing yang seharusnya Anda tahu.

Gravatar Image
Yusuf Hidayat adalah Founder Digitalmarketingproperty.com. Kekagumannya pada metode pemasaran Digital dimulai sejak 2007 dengan Mendalami Search Engine Optimization (SEO). Sejak 2013 fokus di digital marketing dengan specialisasi : Search Engine Optimization (SEO), Search Engine Marketing (SEM), Social Media Marketing (SMM)