Bagaimana Memulai bisnis Digital Marketing?

Posted on

Digitalmarketingproperty.com – Segmentasi bisnis yang cocok dikembangkan di era yang serba digital seperti saat ini, salah satunya adalah bisnis digital marketing. Semakin banyak jasa digital marketing bermunculan karena bisnis ini sangat mudah untuk dipelajari. Anda berminat dengan bisnis ini? yuk ketahui 8 cara mudah  memulai bisnis pemasaran online melalui artikel ini. 

  • Pelajari Teknik Digital Marketing

Seorang pemilik usaha digital marketing, hendaknya memiliki pengetahuan yang cukup seputar pemasaran daring atau hal lain yang berkaitan dengannya. Berbekal pengetahuan yang cukup, yang erat kaitannya dengan pemasaran online, kelak anda akan mampu memenuhi permintaan pasar dengan mudah. Jadi, mulailah belajar digital marketing mulai dari sekarang!

  • Tentukan Tujuan Bisnis

Setelah memiliki bekal yang cukup, segera tentukan tujuan bisnisnya, apakah anda ingin mendirikan sebuah digital marketing agency? atau yang lainnya? Dengan memiliki tujuan bisnis yang jelas, kelak kemudahan dalam mengatur strategi bisnis yang tepat akan anda dapatkan . Adanya tujuan bisnis yang jelas anda bisa lebih fokus dan lebih bersemangat untuk menjalankan bisnis anda bangun.

  • Buat Website

Agar bisnis anda memiliki kesan yang profesional dan tidak abal-abal, buatlah website berbayar. Website tersebut bisa digunakan sebagai media pelayanan konsumen atau media promosi. Anda juga bisa menggunakannya sebagai tempat transaksi dengan konsumen. Keberadaan website tersebut harus anda perhitungkan betul sebab, digital marketing tanpa memiliki website ibarat motor tanpa kabel gas, nggak bisa jalan.  

  • Buat Akun Medsos

Di era yang serba digital seperti saat ini, hanya membuat website saja untuk bisnis yang kita miliki, sepertinya masih sangat kurang. Memanfaatkan keberadaan media sosial untuk membangun kepercayaan dan menggaet target pasar. Melalui media sosial anda bisa memberikan pelayanan yang lebih profesional kepada para pelanggan. Manfaatkan Instagram, TikTok, Facebook, Twitter, atau mungkin YouTube.

  • Pahami SEO
Baca Juga  Strategi Digital Marketing Properti, Efektif Tingkatkan Penjualan Produk

Search Engine Optimize (SEO) merupakan hal yang penting dalam dunia digital marketing. Anda harus mempelajari SEO agar bisnis digital marketing anda bisa sukses mencapai target. SEO merupakan sebuah upaya optimasi website agar website bisnis yang anda miliki bisa menempati halaman pertama di mesin pencarian, misalnya Google.

  • Lakukan Riset Pasar

Jika sudah belajar SEO, punya website, punya media sosial, sekarang saatnya anda melakukan riset pasar. Hal semacam ini untuk menentukan produk atau jasa apa yang akan anda tawarkan kepada para konsumen. Dengan melakukan riset pasar, anda bisa tahu kondisi persaingan pasar dan kisaran harga produk/ jasa yang akan anda jual untuk mencapai target market.

  • Lakukan Promosi

Agar bisnis anda dikenal oleh pasar, mulailah untuk mempromosikannya, baik dengan cara konvensional (mouth to mouth) atau melalui cara modern. Melakukan pemasaran melalui cara modern sama halnya dengan mempraktekkan bisnis digital marketing yang anda miliki. 

Berikan penawaran yang menarik kepada pelanggan pertama anda dan berikan pelayanan yang paling optimal untuk project pertama yang anda tangani. Konsumen pertama anda akan menentukan perkembangan bisnis yang anda bangun, testimoni positif dari mereka akan bermanfaat untuk kemajuan bisnis anda.

  • Pelajari Algoritma

Ketika anda yakin untuk memulai bisnis di bidang pemasaran digital, anda harus ingat bahwa yang sedang menjalankan bisnis tersebut bukan hanya anda. Banyak orang lain yang sedang menjalankan bisnis seperti anda, jadi selalu upgrade skill, pahami beragam strategi digital marketing, dan pelajari kebijakan-kebijakan terbaru tentang digital marketing.

Demikian 8 cara memulai bisnis digital marketing yang harus dipahami oleh para pebisnis pemula dunia digital. Jangan salah langkah dan jangan tunggu nanti, segera mulai dan realisasikan rencana bisnis anda !

Gravatar Image
Yusuf Hidayat adalah Founder Digitalmarketingproperty.com. Kekagumannya pada metode pemasaran Digital dimulai sejak 2007 dengan Mendalami Search Engine Optimization (SEO). Sejak 2013 fokus di digital marketing dengan specialisasi : Search Engine Optimization (SEO), Search Engine Marketing (SEM), Social Media Marketing (SMM)