Cara Mengelola Keuangan Bisnis Secara Efektif

Posted on

Digitalmarketingproperty.com– Selain pemasaran dan sistem operasional, keuangan merupakan pos lain yang tak kalah pentingnya dalam bisnis. Meskipun pemasarannya baik dan sistem operasionalnya mumpuni namun jika bisnis tanpa pengelolaan keuangan yang baik maka akan sulit mengembangkannya secara baik. Banyak bisnis yang akhirnya tumbang karena keuangannya yang tidak sehat. Bukan berarti laba yang diperoleh sedikit. Namun kebanyakan gagal karena tidak bisa mengelola keuangan secara baik. Oleh sebab itu pos keuangan jangan sampai anda acuhkan.

Dari pengelolaan keuangan ini kita bisa memperoleh laporan laba, biaya produksi, piutang, hutan hingga aset secara baik. dari laporan tersebut kita bisa mengevaluasi bagaimana laju bisnis untuk kedepannya. Selain itu dari hal tersebut kita bisa tahu bagaimana kondisi bisnis yang sebenarnya karena pencatatan ini sifatnya mutlak. Nah, bagi yang ingin mengembangkan bisnis secara maksimal, anda mesti tahu bagaimana cara mengelola keuangannya. Berikut ulasan selengkapnya untuk anda.

Cara Mengelola Keuangan Bisnis

  1. Melakukan putaran kas

Jangan hanya berkutat pada laba saja. seorang pebisnis wajib mengelola persediaan, utang hingga piutangnya. Meski catatan akuntansinya baik namun banyak pebisnis tidak memiliki kas memadai. Maka dari itu kita mesti mengelola arus kas perusahaan secara optimal. Jangan sampai perputaran kas tersendat sehingga akan menyulitkan kita dalam mengembangkan bisnis untuk kedepannya.

  1. Bayar tagihan tepat waktu

Jika anda memiliki tanggungan tagihan, bayar tagihan tersebut tepat waktu. dengan tepat waktu kita akan mengurangi potensi menumpuk serta denda yang akan memberatkan pengeluaran. Upayakan untuk memisahkan dana khusus guna membayar tagihan. Dengan dana khusus ini kita bisa membagi keuangan secara baik sementara tagihan mampu tercover tanpa tunggakan besar.

  1. Kurangi resiko utang
Baca Juga  5 Tips Investasi Tanah Agar Menguntungkan

Semaksimal mungkin kurangi resiko utang dalam bisnis. Mengembangkan bisnis dengan utang memang sah-sah saja. namun anda mesti berhati-hati karena beban cicilan tersebut akan berpengaruh buruk pada keuangan anda. Maka dari itu jika sebenarnya tanpa utang bisnis tetap berkembang maka redam keinginan berhutang tersebut. Dengan demikian anda bisa menyelamatkan keuangan bisnis anda.

  1. Rencanakan pengembangan bisnis

Keuangan yang anda dapatkan dari bisnis memang bisa menghadirkan laba untuk pribadi. Namun bukan berarti dari laba tersebut kita boleh menghabiskannya. Tetap sisihkan sebagian laba sebagai modal untuk pengembangan bisnis anda. Dengan pengembangan yang baik, bisnis pun akan jelas arahnya karena perkembangannya bisa kita rencanakan kedepannya.

  1. Pembukuan yang baik

Bisnis akan semakin optimal jika memiliki pembukuan yang sehat. Tidak cukup bisnis dikelola hanya berdasarkan ingatan saja karena sifat ingatan terbatas. Berbeda dengan pembukuan yang sifatnya mutlak dan nyata. Maka dari itu cobalah catat semua transaksi ke dalam pembukuan. Dengan adanya pembukuan, anda bisa mengontrol semua transaksi dan tahu raihan laba. Dengan pembukuan yang baik kita bisa mendapatkan pegangan kuat dalam mengevaluasi perkembangan bisnis.

Demikian beberapa cara mudah mengelola keuangan bisnis agar upaya yang anda jalankan dalam bisnis lebih efektif. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat.

Gravatar Image
Yusuf Hidayat adalah Founder Digitalmarketingproperty.com. Kekagumannya pada metode pemasaran Digital dimulai sejak 2007 dengan Mendalami Search Engine Optimization (SEO). Sejak 2013 fokus di digital marketing dengan specialisasi : Search Engine Optimization (SEO), Search Engine Marketing (SEM), Social Media Marketing (SMM)