Denah untuk Rumah Tipe 36

Posted on

Digitalmarketingproperty.com – Rumah adalah tempat tinggal, tempat berteduh, tempat bernaung untuk keluarga. Maka membangun atau membeli rumah adalah impian setiap orang. Rumah telah menjadi kebutuhan dasar manusia. Ada berbagai macam tipe rumah, tergantung dari kebutuhan dan kemampuan pembeli atau pemiliknya. Beragam tipe rumah ditawarkan pula oleh pengembang perumahan. Salah satu tipe rumah yang tergolong kecil tapi mencukupi untuk keluarga baru atau yang masih belum berkeluarga adalah rumah tipe 36. Rumah tipe 36 ini meski tak terlalu besar memiliki bangunan yang cukup untuk ditinggali sehari-hari.

Namun sebelum membangun rumah, para pengembang dan arsitek akan membuat denah terlebih dahulu. Seperti apa ya denah rumah tipe 36 yang bisa dijadikan patokan sebelum mulai membangun rumah tersebut?

Membuat denah rumah tipe 36

Seperti cara membuat denah rumah untuk tipe lainnya, denah rumah tipe 36 ini akan menampilkan ukuran ruangan rumah tersebut dan bagian dalamnya. Caranya yaitu:

–     Pertama tentukan ukuran rumah tipe 36nya dulu. Biasanya rumah ukuran ini memakai 6 meter kali 6 meter sama dengan 36 meter persegi. Ada yang membuat ukuran ini per rancang dalam satu gambar, ada pula yang membuatnya dalam beberapa gambar agar lebih detil.

–     Kedua pastikan ukuran per ruang dalam rancangan denah rumah tipe 36 ini. Rumah dengan ukuran tipe ini akan memiliki 2 ruang tidur atau kamar tidur, 1 ruang dalam bisa dipakai untuk ruang tamu atau ruang keluarga, 1 ruang kamar mandi dan dapur yang bisa saja disatukan dengan ruang makan.

–     Ketiga untuk mempermudah pemilihan ruangan, maka di denah tersebut akan terlihat furnitur atau interior dalam bangunan rumah. Misalnya di ruang makan ada gambar meja makan, begitu pula untuk di kamar tidur ada contoh tempat tidur dan sebagainya.

–     Terakhir meskipun tidak banyak ruang tersisa untuk ukuran rumah tipe 36 ini, ada baiknya disisakan di depan rumah seperti teras atau halaman rumah untuk mengakomodir udara terbuka yang penting bagi sirkulasi udara.

Itulah beberapa poin utama untuk denah rumah tipe ini agar bisa menjadi pilihan bagi mereka yang membutuhkan hunian kecil tapi nyaman ditinggali.