Faktor-faktor Utama Rancangan Model Jendela Rumah Minimalis

Posted on

Digitalmarketingproperty.com – Beragam model jendela rumah minimalis bisa kita bandingkan sesuai kebutuhan. Seandainya kita kumpulkan contoh-contoh tersebut, sudah pasti tidak akan muat dalam satu halaman. Apalagi hampir setiap desainer menerapkan ide berbeda dengan konsep-konsep unik. Tapi ada satu alasan lain yang mendorong besarnya jumlah model jendela yang bisa kita lihat. Karena saat ini gaya rumah minimalis sudah sangat populer dan disukai oleh kebanyakan masyarakat.

Optimalisasi Fungsi Jendela

Kebutuhan ruang yang makin terbatas di lingkungan memicu ide-ide kreatif supaya bisa menempati rumah mungil nan nyaman. Mulai dari rumah minimalis berlantai satu atau dua. Tampilan desainnya pun bisa sangat sederhana atau benar-benar mewah. Tetapi memadukan rumah minimalis dengan desain jendela yang sesuai cukup rumit. Apalagi jika kita menginginkan fungsi optimal dari jendela-jendela tersebut.

Supaya lebih tertata dan bisa menunjang fungsi optimal, kita harus mempertimbangkan beberapa poin berikut ini:

  • Daya Tahan Material.

Sebuah jendela seharusnya dirancang dari bahan kuat yang tangguh, sekaligus bisa bertahan lama. Oleh sebab itu, pemilihan rangka desain bisa diambil dari besi atau kayu. Keuntungan dari rangka besi ialah desain kuat dan benar-benar menjamin keamanan. Tetapi pertimbangan harganya mungkin menjadi hambatan tertentu. Sedangkan bahan kayu lebih sering dipakai karena tergolong terjangkau. Untuk bahan kayu sebaiknya dipilih dari yang benar-benar berkualitas tinggi sehingga tak mudah lapuk atau retak.

  • Kenyamanan.

Yang dimaksud dengan fungsi kenyamanan ialah mengembalikan konsep dasar sebagai celah sirkulasi udara. Sehingga interior rumah minimalis yang terbatas bisa terhindar dari kelembaban dan suhu panas. Jadi, buatlah ukuran jendela standar yang menunjang sirkulasi udara.

  • Keamanan.

Rawannya sistem keamanan rumah sering disebabkan oleh kualitas jendela yang kurang baik. Oleh karena itu, kita bisa merancangnya dengan tambahan seperti teralis. Atau buatlah model jendela yang ukurannya cukup luas namun ditopang oleh sekat-sekat kuat.

  • Estetika Desain.

Sudah pasti kita harus memperhatikan persoalan estetika. Orang sering mempertimbangkan faktor estetika sebagai pertimbangan utama. Memang tidak ada yang salah. Tetapi sebaiknya padukan gaya estetika yang tepat dan serasi dengan fungsi keamanan dan kenyamanan.