Gambaran Rumah Kayu dan Langkah-langkah Pembuatanya

Posted on

Digitalmarketingproperty.com – Rumah dengan material kayu jarang material kayu jarang kita temukan di Indonesia. Material ini sebenarnya agak kurang cocok dengan iklim di Indonesia, namun bangunan dengan material kayu masih cocok untuk bangunan villa atau rumah-rumah yang berada di daerah dingin atau dataran tinggi. Rumah dengan material kayu memang terkesan tradisional dan memiliki kesan unik karena cukup jarang ditemukan di Indonesia. Gambaran rumah kayu yang memiliki kesan etnik pun tidak ketinggalan.

Langkah-langkah pembuatan rumah kayu

Membuat rumah dari kayu tidaklah sulit. Tahapan-tahapan tersebut dirasa cukup mudah, lebih mudah dari bahan baku lainya dalam membuat suatu bangunan. Tahapan-tahapan ini mudah namun pasti menghasilkan suatu bangunan dengan kwalitas yang baik. Kokoh dan tahan lama. Gambaran pembuatan rumah kayu dengan cara yang rumit harus kita hapuskan.

Berikut ini merupakan langkah-langkah mudah untuk membangun sebuah rumah kayu, antara lain:

  1. Hal pertama yang harus disiapkan adalah kumpulan data-data dari gambaran denah rumah kayu tersebut.
  2. Menentukan bentuk dan struktur dar rumah kayu tersebut.
  3. Membuat sketsa dari gambaran bangunan tersebut.
  4. Memperhitungkan struktur dari bangunan rumah kayu tersebut dengan jenis-jenis kayu yang cocok digunakan baik untuk rangka bangunan, untuk kuda-kuda maupun untuk sambungan-sambungan pada bangunan tersebut.
  5. Pembuatan sketsa akhir dengan detail sturktur yang telah disesuaikan dengan perhitungan-perhitungan yang telah ditentukan.
  6. Melakukan penghitungan anggaran pembuatan rumah kayu tersebut.
  7. Mengumpulkan semua bahan baku dan melakukan upaya pengawetan kayu-kayu tersebut.
  8. Melakukan proses pembangunan sesuai dengan desain dengan cara yang terbaik.
  9. Melakukan upaya-upaya perawatan seperti menjaga dari hujan ataupun serangga-serangga pemakan kayu.

Cara agar rumah kayu terbaik

Sebenarnya selain langkah-langkah diatas, terdapat 3 syarat utama yang harus dipenuhi terlebih dahulu sebelum membangun rumah kayu tersebut agar rumah kayu tersebut tetap kokoh dan terpelihara.

  1. Lokasi

Lokasi dimana rumah kayu tersebut akan dibangun akan mempengaruhi kwalitas dari rumah kayu tersebut. Sebaiknya, kita tidak membangun rumah kayu di daerah yang dekat dengan laut. Karena garam dapat mempercepat pelapukan dari kayu tersebut.

  1. Pemilihan jenis kayu

Pastikan kita mengetahui jenis-jenis kayu yang berkwalitas terbaik. Agar kekuatan bangunan  tersebut terjamin. Sehingga umur dari rumah kayu tersebut juga akan lebih lama.

  1. Proses pengawetan kayu

Kita tidak hanya akan percaya dengan kwalitas kayu yang bagus saja. Maka upaya pengawetan juga akan dilakukan. Proses pengawetan ini juga berfungsi untuk menjaga kwalitas kayu tersebut agar kayu lebih awet dan tahan lama.