Gunakan Digital Marketing Sebagai Senjata UKM Anda

Posted on

Digitalmarketingproperty.com – Membuka usaha kecil menengah bukan berarti Anda tidak bisa bersaing dengan banyak usaha besar lain. Asalkan bisa memanfaatkan media promosi yang baik, Anda bisa dapatkan akses pasar yang lebih luas. Karena itu, Anda wajib gunakan digital marketing demi kesuksesan UKM Anda.

Pentingnya Digital Marketing di Era Modern Sekarang

Secara sederhana, marketing cara digital adalah proses promosi yang dilakukan menggunakan media online. Penggunaan jalur marketing ini dinilai merevolusi dunia usaha dan jangkauan bisnis. Sekarang, tanpa harus memikirkan di area usaha, Anda bisa dapatkan pelanggan secara online dari mana saja.

Jika dulu, tukang sate kaki lima harus keliling ke area yang jauh jika ingin dapat pelanggan banyak. Tapi sekarang, ia hanya cukup jualan dari rumah dan memasarkan produknya dari social media. Para pembeli bisa pesan dari social media tersebut dan sate akan diantarkan ke tempat pembeli. Cara ini tentu memastikan pedagang kecil tersebut bisa menjual ke lebih banyak pelanggan tanpa harus mengeluarkan tenaga besar.

Contoh di atas adalah salah satu gambaran pentingnya online marketing ini. Jika UKM bisa memanfaatkanya, mereka tidak perlu bersaing banyak dengan produk – produk yang dipromosikan di iklan TV dan radio. Cukup membuat usaha marketing yang tersebar dari mulut ke mulut tapi via online. Social media bisa membuat pembicaraan mulut ke mulut lebih cepat menyebar. Jika hasilnya explosive, fenomena viral bisa terjadi.

Usaha UKM yang menjadi viral akan menjadi fokus pembicaraan banyak orang dan bahkan satu negara. Sudah banyak contoh usaha kecil – kecilan menjadi sensasi hingga masuk bahasan berita TV. Apabila hal ini terjadi pada usaha Anda, tentu saja peningkatan reach akan lebih tinggi. Para calon pembeli akan datang bergerombol banyak hanya untuk ingin coba. Jika mampu memanfaatkan fenomena ini, UKM Anda bisa berkembang lebih cepat.

Berbagai Bentuk Digital Marketing yang Mudah Diimplementasikan

Untuk UKM, pilihan digital marketing tentu lebih terbatas dibanding pilihan bisnis besar. Jika Anda membuka usaha dengan modal kecil, pilihan membuat marketing online juga harus hemat budget. Tapi pilihan ini bukan berarti lebih buruk. Anda hanya perlu mengeluarkan energy ekstra dibandingkan yang berani bayar lebih mahal.

Pilihan bentuk digital marketing yang pertama dicoba adalah pelayanan lewat social media. Kebanyakan social media merupakan platform gratis yang sekarang penuh dengan banyak orang. Anda bisa melakukan komunikasi optimal untuk transaksi hanya dari platform ini.

Penggunaan social media untuk bisnis yang optimal bisa berbayar. Tapi untuk UKM yang berbudget terbatas, pilihan gratis juga bisa diambil. Untuk menyebarkan brand UKM Anda di social media, cukup masuk ke komunitas dan group yang berhubungan dengan usaha Anda.

Contoh group rajut. Anda bisa coba masuk ke sini sebagai pedagang bahan rajut, pembuat benang dan bahkan penjual produk rajut. Di dalam komunitas tersebut Anda harus integrasi dulu. Mulai dengan berbagai tips dan berkomunikasi. Jika sudah dekat dengan komunitas, barulah menawarkan produk Anda untuk mereka yang tertarik.

Cara kedua adalah menggunakan konten. Setiap orang yang surfing di Internet pasti mencari konten tertentu. Untuk usaha, Anda bisa coba buat konten berupa artikel, video atau bahkan gambar infografik untuk menyebarkan brand Anda.

Contoh saja Anda sebagai UKM mebel, Anda bisa memberi tips cara memilih kursi untuk rumah Anda. Tips ini bisa jadi konten dalam bentuk video. Jika menarik, orang yang menonton video tersebut pasti akan menanti konten berikutnya. Dari sini, Anda bisa membuat platform yang memudahkan Anda menyebarkan nama brand dari video tersebut. Anda bahkan bisa memberi jalan untuk produk Anda muncul dalam konten sebagai contoh.

Jika banyak orang mendengar brand dan nama usaha Anda secara sering, mereka akan lebih mudah percaya. Akhirnya mereka bisa jadi pelanggan. Mereka yang menikmati produk dari sini akan menyebarkan nama usaha Anda sebagai rekomendasi. Karena konten mudah di-share, penyebaran pasti lebih mudah.

Pastikan Coba Cara Marketing Digital

Gambaran dan penjelasan di atas hanyalah gambaran kecil dari digital marketing untuk UKM. Banyak bahasan bisa digali lebih dalam soal ini. Jika Anda ingin coba dulu, pilihan yang dijelaskan di atas sudah cukup baik. Tapi jika ingin lebih advance, banyak jalan untuk mencapainya. Silahkan research lebih jauh soal ini di internet. UKM Anda dipastikan berkembang lebih baik menggunakan cara ini!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *