Inilah Alasan Yang Membuat Bisnis Online Gagal Total

Posted on

Digitalmarketingproperty.com – Apakah anda seorang pelaku bisnis online? Cobalah bayangkan apa yang anda lakukan jika bisnis online anda berhenti di tengah jalan, sebaiknya pikirkan baik-baik sebelum terjun ke dunia bisnis online. Sebagai gambaran bahwa pebisnis harus mau mengalami kegagalan yang pada akhirnya akan membuat anda deficit sepanjang masa. Maka dari itu, pebisnis harus tahan banting karena bisnis penuh risiko.

Ada banyak para pelaku bisnis pemula yang sulit untuk menggerakkan sayapnya guna meraup keuntungan lebih besar. Rata-rata dari mereka justru akan gulung tikar akibat salah dalam melakukan proses perencanaan bisnis. Tak sedikit pula yang menganggap bisnis online hanya pekerjaan sampingan, sehingga hanya ikut-ikutan saja bagi mereka yang telah sukses. Nah, inilah alasan mengapa yang bisa membuat bisnis online anda gagal total.

Kenali Alasan Yang Membuat Bisnis Online Gagal Total

1.Manajemen Persediaan Buruk

Siapa sangka bahwa manajemen persediaan menjadi masalah paling signifikan di antaranya banyak masalag lainnya. Apabila anda terlalu banyak membeli barang persediaan, bisa jadi akan melumpuhkan aliran kas, sementara bila membeli barang sangat sedikit maka akan kehilangan penjualan dan mengecewakan konsumen. Apalagi jika terdapat vendor yang memiliki lead time berbeda, memungkinkan satu pemasok akan membutuhkan beberapa hari dalam melakukan pemesanan suatu produk, sedangkan untuk pemasok lain mampu memakan hingga mingguan. Ada baiknya anda menata waktu pada tingkat persediaa yang berbeda.

  1. Tidak Ada Investasi Nyata

Kemungkinan besar untuk membuka toko online hanya bermodalkan jutaan saja. Namun bukan berarti setelah itu, anda tidak akan membutuhkan modal sebagai bagian dari investasi. Sebetulnya sama dengan bisnis lainnnya, toko online yang barus berdiri harus membutuhkan suntikan modal dan usaha. Jika anda telah memiliki toko fisik dan membuat menambahkan sebuah toko online, pikirkan bahwa bisnis tersebut layaknya ada pada lokasi baru.

  1. Terlalu Banyak Kompetisi
Baca Juga  Peluang Usaha Home Industry Paling Menguntungkan

Rupanya internet kini telah menjadi ladang subur untuk memulai bisnis. Namun hal yang paling sering sering menjadi masalah adalah ketika toko e-commerce baru, akan berusaha untuk menjual produk yang sama dengan yang  sedang ditawarkan oleh retailers  jauh lebih besar. Beberapa retailer online, seperti Walmart, Amazon, Best Buy, GameSpot, Newegg, Toys”R”Us, dan masih banyak lagi yang lainnya memang telah memiliki brand besar di mata konsumen. Sulit bagi anda mungkin untuk menyaingi mereka dengan  menjual produk dengan kategori yang unik.

  1. Tidak Ada Traffic

Pada sebuah toko online, maka traffic adalah aliran pembeli yang keluar masuk toko online. Jika ingin membuat penjualan, adapun syarat mutlak adalah adanya traffic yang banyak. Iklan PPC merupakan salah satu tips untuk mendapat traffic bagus. Namun terkadang iklan tersebut cukup mahal, sehingga membtuhkan investasi lebih. Ada cara lain yang lebih jitu yakni menggunakan konten seperti content marketing, sosial media, atau product merchandising.

Itu dia alasan yang membuat bisnis online anda gatal. Tetap upayakan anda terus menggali potensi cara dalam berbisnis online.

Gravatar Image
Yusuf Hidayat adalah Founder Digitalmarketingproperty.com. Kekagumannya pada metode pemasaran Digital dimulai sejak 2007 dengan Mendalami Search Engine Optimization (SEO). Sejak 2013 fokus di digital marketing dengan specialisasi : Search Engine Optimization (SEO), Search Engine Marketing (SEM), Social Media Marketing (SMM)