Mengenal Rumah Tingkat

Posted on

Digitalmarketingproperty.com –  Salah satu cara mensiasati lahan yang terbatas adalah membangun rumah tingkat. Bisa dibangun untuk rumah tinggal atau hunian. Bisa pula dibangun seperti layaknya ruko atau rumah kantor dan toko yang tentunya dibangun bertingkat. Tapi untuk membuat desain rumah tingkat tidak terlalu kaku dan terkesan tak nyaman, sebaiknya perancang membuat gambar rumah tingkat awal.

Rumah bertingkat satu

Sebenarnya rumah bertingkat satu lebih mudah untuk merancangnya. Meski begitu gambar rumahtingkat ini harus memperhatikan dua hal, yaitu konsep desain rumahnya sendiri misalnya rumah minimalis atau rumah klasik. Kedua memperhatikan struktur bangunan dan bahan yang nanti akan dipakai untuk membangun rumah tingkat tersebut.

Ada arsitek rumah atau pengembang perumahan yang membuat gambar rumah tingkat untuk satu lantai ini bercirikan seperti:

–     Rumah tingkat satu dengan sebagian ruang atas yang dibangun. Jadi bentuk rumahnya tidak langsung bertingkat keseluruhan bangunannya. Misalnya di lantai bawah ada kamar tidur dan sebagian ruang di lantai atas juga dibangun kamar tidur. Jadi ada tangga yang dibangun kelantai bertingkat diatasnya lalu persis dibangun juga ruangan untuk tidur.

–     Rumah tingkat satu dengan gambar rumah tingkat semua ruangan dibangun. Jadi bentuk ruangannya langsung bertingkat. Di lantai atas ada ruang untuk kamar tidur, kamar mandi bahkan ruang keluarga pula.

Rumah bertingkat dua atau lebih

Jika rumah tersebut membutuhkan ruangan lebih banyak, bisa pula membangun dengan tingkat lebih dari satu. Contohnya rumah tingkat dua atau bahkan lebih. Contoh gambar rumah tingkat dua hampir sama dengan konsep rumah tingkat satu. Bangunannya ada yang hanya bertingkat di atas satu ruangan saja, misalnya kamar tidur diatasnya dibuat kamar tidur pula. Tapi agak sedikit berbeda jika ingin dibuat lebih dari satu tingkat. Maka tingkat diatasnya di tingkat pertama bisa dibuat ruangan tingkat langsung yang lebih luas. Kemudian jika diperlukan di atasnya lagi, di tingkat dua dibangun tingkat sebagian untuk ruangan menjemur saja misalnya atau untuk ruang terpisah sendiri. Konsepnya sendiri bisa disesuaikan dengan tipe rumahnya.