Pentingnya Database Konsumen Dalam Bisnis

Posted on

Digitalmarketingproperty.com – Dalam mengembangkan bisnis, database adalah hal penting yang harus dimiliki semua pengusaha. Tanpa adanya database kita akan kesulitan dalam melakukan pemasaran. Pemasaran akan terjadi secara acak dan tentu saja lebih merepotkan. Database bisa dikatakan sebagai kolam besar yang berisi banyak sekali prospek bisnis. Semakin banyak data pelanggan dan kontak mereka maka semakin mudah anda dalam melakukan pemasaran. Namun demikian masih sedikit pebisnis yang paham pentingnya database pelanggan.

Bahkan banyak yang menyia-nyiakan hal tersebut sehingga akan terasa sulit mengembangkan bisnis. Dengan memiliki database pelanggan maka anda akan lebih mudah memperkenalkan produk baru, membangun pelanggan loyal, hingga berbagai hal lainnya terkait kemudahan pemasaran. Database ini sendiri bisa didapatkan dari kontak telfon, kontak whatssApp, telegram, hingga followers. Nah bagi yang penasaran apa saja manfaat database konsumen dalam bisnis, berikut ini beberapa manfaatnya untuk anda.

Manfaat Database Konsumen Bagi Bisnis

  1. Penunjuk arah penjualan

Dengan database yang dikelola optimal, anda akan mendapatkan pasar yang tepat. Aktivitas penjuala pun akan lebih cepat serta efisien. Database yang dikelola secara baik akan membuat prospek usaha menjadi target pasar yang baik. Dengan demikian penjualan pun akan mendapatkan petunjuk yang efektif.

  1. Gambaran potensi pasar

Database berupa nomor telfon, email, hingga followers akan memberikan gambaran anda dalam menilai potensi pasar. Baik dari berdasarkan area, umur, hingga jenis kelamin. Dengan potensi pasar yang bisa anda nilai maka anda bisa menganalisa produk apa yang tepat untuk dipasarkan. Jika potensinya masih rendah, anda bisa segera menentukan strategi marketing agar penjualan terdongkrak.

  1. Merekam customer blacklist

Menjual produk kepada orang yang salah hanyalah membuang waktu. maka dengan adanya database, anda akan tahu mana saja pelanggan yang bermasalah. Anda bisa memasukannya ke dalam kategori blacklist sehingga upaya pemasaran tidak sia-sia. tanpa adanya database akan sulit menyortir pelanggan sehingga pemasaran pun menjadi tidak begitu efisien.

  1. Menganalisa penjualan
Baca Juga  6 PELUANG Usaha Modal Dengkul Yang Memberikan Anda Keuntungan

Dari data konsumen tersebut, anda bisa tahu bagaimana upaya marketing produk baru kepada pelanggan baru atau lama. Anda bisa menyortir pelanggan baru atau lama, pelanggan berdasarkan area, umur, dsb. Jika database sudah rapi maka anda bisa menganalisa strategi marketing yang tepat sesuai pasar yang sudah anda genggam. Dengan demikian prospek pun menjadi makin luas.

  1. Sarana komunikasi dengan pelanggan

Jika sudah memiliki database yang kuat, anda bisa memanfaatkannya sebagai pengoptimal komunikasi dengan pelanggan. Makin kuat intensitas komunikasi maka pelanggan makin mengenal produk serta dekat dengan anda. Dengan demikian prospek penjualan pun semakin optimal.

Nah itu dia beberapa manfaat adanya database dalam bisnis anda. Semoga bermanfaat dan membantu dalam mengembangkan bisnis.

Gravatar Image
Yusuf Hidayat adalah Founder Digitalmarketingproperty.com. Kekagumannya pada metode pemasaran Digital dimulai sejak 2007 dengan Mendalami Search Engine Optimization (SEO). Sejak 2013 fokus di digital marketing dengan specialisasi : Search Engine Optimization (SEO), Search Engine Marketing (SEM), Social Media Marketing (SMM)