Ragam Desain Teras Rumah

Posted on

Digitalmarketingproperty.com –  Apa yang menjadi bagian penting dari satu rumah tapi terkadang kurang diperhatikan? Salah satu jawabannya adalah teras. Teras memiliki fungsinya sendiri untuk keberadaan rumah. Di teras, anggota keluarga bisa menerima tamu, bercengkerama dan mencari udara segar diluar ruang dalam, tanpa harus keluar halaman rumah. Teras yang didesain dengan baik akan membuat desain rumah terlihat cantik dan mendukung konsep bangunan rumah itu sendiri. Lalu seperti apa desain terasrumah yang perlu diperhatikan?

Ciri-ciri desain teras rumah yang baik

Sebelum menggambar desain teras rumah, ada baiknya mengenal ciri-cirinya dulu:

–     Teras rumah ibarat pintu gerbang awal untuk menyambut tamu dan penghuni rumah, karena itu desain teras rumah yang baik harus mencirikan konsep rumahnya sendiri. Jika rumah minimalis maka teras rumahnya juga tidak usah terlalu besar tapi cukup untuk menaruh dua kursi kecil dan meja pinggir misalnya.

–     Teras rumah bisa dibuat semenarik mungkin dengan kesan ceria atau melambangkan keterbukaan para penghuni rumahnya.

–     Ciri-ciri desain teras rumah yang baik selanjutnya yaitu teras tersebut tidak akan menghalangi pandangan penghuni rumah untuk melihat keluar. Maka pemilihan interior teras juga perlu diperhatikan.

Ragam contoh teras rumah

Teras rumah tetap memperhatikan fungsinya untuk penghuni rumah. Ada yang hanya sebagai ruangan awal sebelum masuk ruang tamu atau dipakai untuk bersantai keluarga. Beberapa contoh teras rumah yang bisa dibangun antara lain:

  1. membuat desain teras rumah dengan empat pilar kokoh atau dua pilar untukteras rumah yang membutuhkan ruangan santai dengan furniture yang bisa ditaruh di teras itu.
  2. teras rumah yang di depannya dibuat ada taman bermain, taman bunga atau kolam ikan sehingga menambah kesan untuk ruang khusus bagi penghuni dan menarik perhatian tamu.
  3. merancang desain teras rumah minimalis yang menyatu dengan konsep bangunan rumah. Sehingga bangunan teras rumah hanya berbentuk bujursangkar kecil dan dibiarkan tanpa furniture seperti kursi dan meja.
  4. teras rumah yang ukurannya besar, jadi bukan hanya didesain di depan pintu rumah tapi hampir mencakup semua ruang desain depan rumah. Biasanya dipakai oleh keluarga besar untuk menampung banyak tamu.