Siapa Sajakah yang Terlibat dengan Industri Periklanan?

Posted on

Digitalmarketingproperty.com – Dunia advertising semakin sini makin berkembang dan mulai berinovasi dalam bentuk media penyebarannya. Setiap pihak yang berkaitan dalam industri ini berlomba dalam menciptakan iklan yang efektif dalam persuasif khalayak.

Kehadiran iklan sangat membantu para pelaku bisnis dalam upaya menjangkau konsumen lebih masif lagi, mengenalkan produk serta identitasnya dan membantu dalam memajukan perekonomian di suatu wilayah.

Setiap iklan yang berhasil mempengaruhi khalayak ada orang-orang yang turut andil di belakangnya. Siapa sajakah yang berhubungan dengan industri periklanan? Simak artikel kali ini.

Mengenal Industri Periklanan

Advertising adalah suatu kegiatan dalam sektor ekonomi kreatif yang dilakukan dalam usaha penyebarluasan informasi, menjangkau calon konsumen, melakukan pengenalan terhadap publik.

Kegiatan tersebut dilakukan melalui media daring, cetak ataupun elektronik yang semuanya punya tujuan dalam mempersuasif agar khalayak tergerak dalam menentukan keputusan bertransaksi.

Sedari dulu dunia periklanan tak pernah padam meski medianya mulai berubah dan justru dianggap semakin efektif bagi pelaku bisnis.

Dalam menciptakan sebuah iklan dibutuhkan ide-ide kreatif sebelum dieksekusi. Semakin unik dan berbeda ide yang dihasilkan akan semakin efektif dalam penyampaian pesannya.

Siapa Saja yang Terlibat di Industri Ini?

Dalam industri kreatif ini terdapat beberapa pihak yang terlibat. Siapa sajakah mereka?

  1. Klien atau Pemasang Iklan

Tentu saja ada klien yang meminta bantuan agensi jasa periklanan untuk dibuatkan media penyebaran informasinya. Mereka juga bertanggung jawab dalam urusan tarif, produknya dan apa yang ingin ditugaskan ke agensi.

Klien akan dibantu oleh pihak agensi dalam merencanakan konsep yang ingin dibuat demi efektifitas penyebaran informasi produk yang ditawarkan.

  1. Agensi Periklanan

Perusahaan yang melakukan serangkaian proses pembuatan mulai dari pengembangan ide dan strategi, perencanaan, proses produksi dan mengawasi iklan yang disampaikan kepada publik.

Baca Juga  Apa itu PPC Dan Bagaimana Cara Anda Memperoleh Manfaat Dari PPC

Tugas mereka adalah mencari rekanan untuk mengeksekusi ide yang telah direncanakan sesuai dengan permintaan klien beserta menentukan media periklanan apakah yang cocok dan sekiranya efektif.

Sehingga dalam agensi tersebut dibutuhkan orang-orang dengan pemikiran kreatif dan berbeda dari yang lain, diantaranya ada creative director, art director, copywriter dan account executive.

  1. Rumah Produksi

Siapa sajakah yang berhubungan dengan industri periklanan? Berikutnya ada tim dari rumah produksi.

Sebelumnya, tugas agensi adalah merancangkan ide proyek yang akan diterapkan, dalam mengeksekusinya dibutuhkan bantuan tim dari rumah produksi (production house) yang bertugas sebagai eksekutor.

Rumah produksi akan melakukan tugas-tugas yang berkaitan secara teknisnya dan juga menawarkan siapa sutradara yang punya gaya sesuai dengan klien butuhkan.

Proses produksi iklan tersebut kurang lebih mirip dengan produksi sebuah film.

  1. Media Pemasaran

Merupakan sarana pemasaran baik berupa cetak, elektronik hingga online. Media pemasaran tersebut bertugas dalam mengkomunikasikan apa yang ingin perusahaan klien sampaikan kepada khalayak.

Pemasaran melalui media ini bisa dalam lingkup lokal, regional, nasional sampai dengan internasional.

  1. Marketing Riset Pasar

Dalam merencanakan iklan yang akan dibuat, butuh setidaknya bantuan tim marketing untuk melakukan riset pasar supaya pesan yang ingin disampaikan perusahaan dapat diterima dan langsung dipahami oleh khalayak.

Riset yang dilakukan adalah menentukan siapa target pasar untuk produk atau layanan yang ditawarkan oleh perusahaan. Penentuan target bisa dari usia, jenis kelamin, penghasilan, wilayah, dan lain sebagainya.

Dengan melakukan riset terlebih dulu, perusahaan dapat menentukan siapa yang seharusnya menjadi target pembeli produknya.

Itulah penjelasan sedikit mengenai siapa sajakah yang berhubungan dengan industri periklanan. Semoga bermanfaat.

Gravatar Image
Yusuf Hidayat adalah Founder Digitalmarketingproperty.com. Kekagumannya pada metode pemasaran Digital dimulai sejak 2007 dengan Mendalami Search Engine Optimization (SEO). Sejak 2013 fokus di digital marketing dengan specialisasi : Search Engine Optimization (SEO), Search Engine Marketing (SEM), Social Media Marketing (SMM)