Tips Cara Promosi Digital Marketing yang Pas Untuk UKM

Posted on

Digitalmarketingproperty.com – Banyak bisnis mulai beralih ke strategi marketing digital. Menggunakan platform online dinilai lebih efektif untuk mengeruk penghasilan lebih. Jika Anda UKM, platform digital juga bisa bermanfaat dalam mengembangkan usaha lebih cepat. Bagi Anda yang ingin belajar menggunakan marketing online, berikut adalah bahasan tips cara promosi digital marketing yang patinya cocok untuk UKM:

Mulai dari Komunitas Online Kecil

Untuk UKM, promosi digital lebih baik dimulai dari komunitas online yang kecil. Mulai dari komunitas kuliner kota Anda ataupun sekedar website perkumpulan UKM daerah. Banyak komunitas sekarang memiliki social media ataupun platform forum tersendiri. Jika bisa masuk kedalamnya, Anda bisa membentuk koneksi dan menawarkan usaha dengan lebih mudah.

Dari komunitas ini, Anda bisa masuk ke komunitas kecil lain yang berhubungan. Jika masuk ke banyak komunitas, nama brand Anda pasti bisa tersebar di komunitas tersebut. Karena internet membuat info lebih cepat tersebar, usaha Anda pasti bisa di share lebih cepat ke banyak pihak lain dari komunitas tersebut.

Pastikan Punya Platform Pusat

Platform utama harus dimiliki. Untuk cara promosi digital marketing yang baik, silahkan mulai dari satu platform dulu. Platform ini bisa berupa page social media, website sendiri ataupun toko online dari marketplace.

Saat memiliki tempat operasi usaha utama, Anda bisa manfaatkan fitur di situ untuk memberikan layanan lengkap. Mulai dari melayani pembeli, memasarkan produk, memberi informasi promosi hingga memberikan informasi seputar usaha Anda.

Para pembeli yang ingin tahu lebih pastinya berusa cari informasi. Jika Anda punya platform utama untuk menyediakan informasi tersebut. Para pembeli tentu tidak akan bingung. Contoh cari pilihan rasa dari kue yang Anda tawarkan. Jika Anda punya website sendiri, buat halaman yang menyediakan rasa dan varian produk yang Anda jual. Hal seperti ini pasti bermanfaat.

Utamakan Efisiensi Layanan

Dalam dunia digital, segala hal akan membutuhkan optimasi yang lebih baik. Hal ini juga terjadi pada layanan. Karena reach layanan bisa lebih luas, Anda harus siap mengurusi banyak orang sekaligus. Melayani banyak orang dalam platform toko online misalnya, akan berbeda dengan layanan toko biasa.

Hal seperti antrian tidak akan terasa bagi para pemesan. Anda juga sebaiknya membuat pelayanan yang cepat. Di dunia online jika seorang pelanggan pesan produk, mereka berharap respon yang cepat agar urusan bisa selesai. Jika respon tidak lekas datang, mereka akan coba tempat lain yang melayani lebih cepat. Karena itu, pastikan layanan Anda efisien.

Gunakan Tool Murah yang Membantu Layanan Digital

Untuk memastikan Anda bisa menyebarkan nama brand UKM lebih mudah, tool – tool tertentu sangat dibutuhkan. Contoh saja pada platform Facebook, Anda diberi pilihan membuat page bisnis sendiri. Tool ini memang ada unsur berbayar, tapi untuk penggunaan terbatas, Anda bisa pakai gratis.

Tool seperti ini membantu Anda melayani pelanggan yang kontak lewat social media, melihat apakah reach promosi Anda menyebar ataupun melihat analytic dari page usaha Anda. Menggunakan tool seperti ini, Anda bisa mengukur dan merencanakan strategi marketing yang lebih baik.

Platform social media juga menawarkan banyak insentif untuk kebutuhan bisnis. Contoh saja Twitter menawarkan platform promosi dan hastag. Tool promosi memastikan posting Anda akan menyebar seperti iklan di platform itu. Sedangkan hastag bisa menghubungkan posting konten Anda dengan para pelanggan.

Jangan Berhenti Melakukan Dorongan Marketing

Walaupun sudah memiliki platform dan nama sendiri, usahakan jangan berhenti melakukan berbagai tips di atas. Lakukan terus hingga menjadi kebiasaan. Anda bisa coba masuk ke komunitas baru, menyebarkan nama brand dan tentunya mengembangkan platform pusat Anda agar bisa memberi layanan lebih baik.

Beberapa UKM yang sekarang sudah cukup besar bahkan mengaplikasikan teknik marketing baru karena sudah punya modal. Hal seperti buat konten, membayar untuk pasang iklan online dan bahkan membeli layanan analytic bisnis online bisa jadi langkah lanjutan yang baik.

Untuk UKM, memiliki pilihan budget untuk marketing tentu sangat baik. UKM biasanya tidak memiliki cukup modal memasang iklan tradisional seperti TV dan radio. Tapi sekarang berkat internet, halangan ini makin mudah dirubuhkan. Selama Anda mencoba tips – tips cara promosi digital marketing UKM di atas, usaha Anda dipastikan makin berkembang.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *