Tips Menjaga Keamanan Komputer Anda

Posted on

Digitalmarketingproperty.com – Saat ini komputer bukan lagi barang langka, karena seiring dengan perkembangan zaman hampir semuanya dikerjakan dengan bantuan komputer, dan tips menjaga keamanan komputer pada komputer anda beserta data yang tersimpan didalamnya sudah menjadi suatu kebutuhan. . Hal tersebut dikarenakan selain memiliki nilai positif karena memberikan kita akses yang mudah dan cepat ke berbagai kebutuhan, dimana komputer juga terkadang disalahgunakan oleh orang-orang yang tidak bertanggung jawab seperti hacker yang saat ini menjadi gangguan paling besar di komputer karena terkadang akan menyalahgunakan kemampuan mereka.

Tips Menjaga Keamanan Komputer Dari Hacker

Kita tidak bisa sepenuhnya melindungi komputer kita dari orang-orang yang tidak bertanggung jawab, tetapi kita dapat mencegah hal-hal yang dapat merusak komputer kita tercinta. Disini saya akan menyajikan beberapa tips menjaga keamanan komputer yang bisa kita lakukan untuk menjaga keamanan dan data kita:

Instal program antivirus. Software antivirus biasanya akan memberitahukan tanda-tanda virus terdeteksi, biasanya sering terdeteksi pada saat kita sedang browsing internet atau saat komputer terhubung ke perangkat lain yang sudah terdeteksi adanya virus.

Jangan sekali-kali menyimpan data pribadi atau data penting milik Anda seperti nama lengkap Anda, nomor telepon, data yang berhubungan dengan pekerjaan, alamat rumah, nomor kartu kredit di PC komputer Anda, karena biasanya hacker akan mencuri data penting tersebut untuk keuntungannya sendiri.

Jangan sembarangan membuka file yang tidak Anda kenal tanpa dipindai terlebih dahulu dengan software antivirus. Menginstal software firewall, untuk mencegah data Anda dicuri, karena firewall akan berfungsi memeriksa setiap data yang keluar dan data yang masuk.

Jangan sembarangan membuka link website yang dikirim spam di email anda, karena biasanya link data selain mencuri yang terdapat di email spam secara otomatis akan mendownload software yang akan merugikan komputer anda.

Baca Juga  Trik Jitu Dalam Mengatasi Membuka Folder Yang Terkunci

Jangan lupa untuk selalu update baik OS maupun software yang terinstal di komputer.

Jangan sembarangan mendownload file yang di email, apalagi jika email tersebut menggunakan bahasa inggris.

Memperbarui perangkat lunak – Kerentanan yang baru ditemukan dalam perangkat lunak sistem atau sistem operasi seperti Windows setiap hari, jadi seseorang harus selalu memperbarui sistem perangkat lunak mereka. Perangkat lunak yang membuat Anda tetap up to date sangat penting, karena itu akan mencegah peretas membobol sistemnya dan mengatakan bahwa program tersebut mutakhir Bekerja dengan mulus tanpa kesalahan.

Gunakan kata sandi yang rumit – ada begitu banyak perangkat lunak yang akan mencoba semua kemungkinan kombinasi untuk Crack Kata Sandi, ini dikenal sebagai teknik Brute force. Jika kata rahasia hanya terdiri dari 4 atau 5 karakter, maka dengan mudah akan dipecahkan. Password Anda menjadi sulit untuk di hack jika terdiri dari 8 atau 9 karakter juga termasuk angka, huruf dan karakter khusus. Untuk memeriksa kekuatan kata sandi Anda, ada banyak alat di internet. Ini adalah tip keamanan komputer yang penting yang harus dipertimbangkan setiap orang.

Gunakan kata sandi yang sama sekali berbeda – Kesalahan paling umum yang kami lakukan adalah kami menggunakan kata sandi yang sama di mana pun melalui internet. Ya, sangat sulit untuk mengingat kata sandi untuk semua akun namun disarankan untuk memiliki kata sandi yang berbeda untuk akun yang berbeda.

Tips keamanan komputer terakhir untuk menghindari peretasan adalah selalu berhati-hati saat menjelajah Internet, jangan mentransfer dan menginstal semua dan apa pun di PC atau Laptop Anda. Selalu periksa sumber perangkat lunak sistem dan situs web yang baru saja Anda gunakan untuk mengunduh program.

Baca Juga  Panduan Merekam Layar PC Windows 10 Tanpa Menggunakan Aplikasi

Meskipun Anda adalah komputer profesional tetapi jika Anda tidak hati-hati, Anda bisa diretas. Saya pribadi hanya sempat hampir beberapa kali menjadi korban ketika sekedar iseng ingin menguji keamanan komputer saya cukup aman dengan mengklik situs-situs tersebut melalui email atau download attachment. Hasilnya tidak pernah membuat kepala saya pusing karena hampir di-hack dan saya sempat di blok IP internet oleh akun investasi saya sendiri. Oleh karena itu, tips komputer ini saya buat agar netizen yang membaca tips keamanan komputer ini dapat terhindar dari hal-hal yang tidak diinginkan.

Gravatar Image
Yusuf Hidayat adalah Founder Digitalmarketingproperty.com. Kekagumannya pada metode pemasaran Digital dimulai sejak 2007 dengan Mendalami Search Engine Optimization (SEO). Sejak 2013 fokus di digital marketing dengan specialisasi : Search Engine Optimization (SEO), Search Engine Marketing (SEM), Social Media Marketing (SMM)