Trik Mengelola Arus Kas Bisnis Agar Tetap Lancar

Posted on

Digitalmarketingproperty.com – Laris saja tidak cukup dalam sebuah usaha. Pemasaran yang baik mestinya ditopang dengan pengelolaan arus kas yang baik. tanpa adanya pengelolaan keuangan yang baik, seberapa besarnya anda sukses dalam pemasaran maka akan tidak terasa sama sekali. Banyak bisnis yang akhirnya gulung tikar karena pemiliknya tidak mengelola arus kas secara baik. padahal bisnis tersebut bisa jadi memiliki penjualan yang sukses. Maka penting sekali mengatur arus kas agar anda bisa memantau perkembangan bisnis.

Arus kas dalam bisnis wajib dipantau karena pada dasarnya angka adalah hal yang tetap sehingga memudahkan kita menganalisisnya. Anda dapat mengetahui perkembangan usaha dan perputaran modal pada usaha yang dijalankan dengan menganalisis dan memantau arus kas dengan baik. Arus kas dan perputaran modal yang dianalisis dan dikelola dengan baik akan menciptakan keseimbangan pada bisnis dan dapat berpotensi menjadikan bisnis anda menjadi lebih berkembang dan maju. Nah, berikut ini kami sajikan ulasan lengkapnya bagi anda mengenai beberapa trik untuk mengelola arus kas pada bisnis. berikut ulasannya di bawah ini.

Berbagai Trik Mengelola Arus Kas Bisnis

  1. Selalu pantau

Trik pertama adalah selalu pantau arus kas dengan menggunakan bukti berupa kwitansi dan kelompokan kwitansi tersebut agar anda mudah memantau perputaran arus kas. Jika kwitansi dan segala dokumen pengeluaran dan pemasukannya rapi anda akan lebih mudah melakukan audit keuangan. Kapanpun ada inovice cair, pembelian, pembayaran, dsb, upayakan untuk menggunakan kwitansi. Jika arus kas selalu terpantau maka keuangan pun bisa anda kelola secara optimal.

  1. Potong biaya

Jika ada anggaran yang bisa dipotong, maka jangan segan-segan untuk memotongnya. Hal ini demi efisiensi arus kas anda. Jika seharusnya anda bisa lebih menghemat tanpa mengurangi peforma bisnis, maka jangan ragu untuk melakukan hal tersebut. Pemotongan biaya bermanfaat agar keseimbangan arus kas tetap terjaga dan budget yang anda keluarkan lebih efisien.

  1. Sewa peralatan alih-alih membelinya
Baca Juga  Cara Mendaftar Program Affiliate Tokopedia

Menyewa beberapa peralatan lebih menguntungkan karena anda dapat manfaat peralatan tersebut tanpa terikat kepemilikan serta perawatan. Hal ini sangat berguna untuk kemajuan bisnis anda terlebih jika arus kas masih terbatas. Biaya sewa tergolong lebih terjangkau dalam jangka pendek. Maka dalam berbagai pertimbangan jika memungkinkan lebih baik sewa perlatan daripada membelinya.

  1. Prioritas tinggi terhadap invoice

Segeralah selesaikan invoice dalam berbagai hal. Invoice adalah kewajiban yang mestinya segera diselesaikan. Jangan sampai menunggak karena akan memengaruhi kestabilan arus kas anda. Jika segala tagihan sudah anda bayar maka anda akan lebih leluasa mengelola keuangan dan bisnis tanpa beban. Invoice yang terbayar tepat waktu juga mampu memengaruhi kredibilitas usaha anda.

  1. Hitung biaya promosi secara tepat

Dalam beberapa waktu pasti anda melakukan promosi dengan memberikan diskon, give away, gratis barang, dsb. Hal tersebut memerlukan biaya khusus sehingga mesti anda hitung secara cermat. Jika biaya promosinya lebih besar dari impact yang anda dapatkan tentu saja sangat merugikan. Maka agar arus kas tetap lancar, hitung terlebih dulu biaya promosi sebelum meluncurkan program tersebut.

Itu dia beberapa trik agar arus kas bisnis anda tetap lancar sehingga usaha makin berkembang secara optimal. Semoga bermanfaat.

Gravatar Image
Yusuf Hidayat adalah Founder Digitalmarketingproperty.com. Kekagumannya pada metode pemasaran Digital dimulai sejak 2007 dengan Mendalami Search Engine Optimization (SEO). Sejak 2013 fokus di digital marketing dengan specialisasi : Search Engine Optimization (SEO), Search Engine Marketing (SEM), Social Media Marketing (SMM)