Yuk, Kita Mengenal Dunia Advertising atau Periklanan

Posted on

Digitalmarketingproperty.com – Periklanan sedari dulu memberikan wadah bagi mereka yang ingin mengembangkan bisnis baik melalui media cetak maupun elektronik. Kedua media tersebut sama-sama efektif dalam menyebarluaskan informasi.

Iklan yang diciptakan semenarik dan se-persuasif mungkin sangat membantu dalam menjangkau konsumen lebih banyak lagi dan mendatangkan keuntungan bagi pihak yang memasangnya.

Itulah mengapa orang-orang yang sedang berbisnis pasti akan turut memasang iklan sebagai strategi marketingnya. Namun, apa saja yang Anda ketahui mengenai advertising atau periklanan?

Mengenal Dunia Periklanan

Advertising, diambil dari serapan bahasa Inggris yang berarti periklanan. Sebuah cara yang dilakukan dalam menarik konsumen melalui video, suara, foto, gambar atau kata-kata yang disebarluaskan ke khalayak.

Setiap iklan yang dibuat haruslah mengandung unsur persuasif, maka dari itu kita sering menjumpai iklan-iklan diciptakan semenarik mungkin yang diharapkan dapat mudah diingat oleh publik.

Advertising adalah salah satu cara penyampaian pesan melalui sebuah media yang dipilih oleh perusahaan kepada calon konsumennya.

Fungsi Periklanan

Selain pengertian, ada beberapa fungsi dari kehadiran periklanan atau advertising sebagai berikut.

  1. Penyebaran Informasi

Iklan disebarkan melalui media cetak atau elektronik dan mampu menjangkau pelanggan lebih luas lagi. Penggunaan iklan tersebut memang berfungsi untuk menyebarkan informasi terhadap publik mengenai produk atau layanan yang dijual.

Informasi yang tersebar tidak hanya dalam lingkup lokal saja, akan tetapi bisa saja regional, nasional hingga internasional.

2. Sarana Branding

Pemasangan iklan juga berfungsi sebagai cara perusahaan dalam melakukan usaha branding atau mengenalkan identitasnya kepada khalayak.

Iklan yang ditayangkan berulang-ulang akan melekat di ingatan publik dan perlahan mulai dikenal.

3. Sumber Penghasilan Media

Salah satu sumber penghasilan dari kantor-kantor media yang paling besar adalah dari periklanan. Dalam sekali tayang dengan durasi beberapa detik saja, media sudah mampu meraup keuntungan sampai ratusan juta bahkan miliar.

4. Aktivitas Perekonomian

Dalam periklanan terjadi aktivitas perekonomian, baik dari pihak klien maupun kantor medianya. 

Perusahaan memakai iklan sebagai cara pemasaran demi mendapatkan konsumen dan dorongan agar terus berkembang, begitu pun kantor media mendapatkan penghasilan dari iklan yang mereka pasangkan.

5. Untuk Mengontrol

Produk yang ditawarkan perusahaan tak jarang akan beredar juga produk tiruan yang merugikan baik pihak produsen maupun konsumen.

Fungsi pemasangan advertising juga berguna untuk mengedukasi sekaligus mengontrol peredaran barang tiruan di pasaran.

Apa saja yang Anda ketahui mengenai advertising atau periklanan selain yang telah disebutkan? Selanjutnya, kami akan membahas ragam jenisnya.

Jenis-jenis Periklanan

  • Iklan Daring (Online Advertising)

Jenis iklan yang satu ini banyak digunakan di jaman sekarang. Anda bisa menemukannya di media sosial, blog, website, media online dan sebagainya. Satu persatu media periklanan mulai beralih ke jenis daring.

Cara mendatangkan penghasilan adalah dari iklan yang diklik oleh pengguna saat berkunjung ke laman. Kelebihan dari iklan online yakni pengguna dapat menentukan target pasarannya.

  • Iklan Cetak

Periklanan seperti ini banyak dipilih di era sebelum teknologi internet kian berkembang. Para pebisnis akan mengiklankan produk yang dijual melalui koran, majalah, buletin, spanduk, atau poster yang disebar di berbagai tempat.

Tarif pemasangan iklan cetak tergantung dari seberapa besar ukuran yang dipilih. Sayangnya, iklan dalam bentuk cetak sudah mulai ditinggalkan oleh para kliennya, dan beralih ke bentuk online.

  • Iklan Elektronik

Electronic advertising juga opsi yang banyak dipakai sama seperti iklan cetak. Jenis periklanan ini bisa ditemukan melalui televisi, radio, atau megatron.

Apa saja yang Anda ketahui mengenai advertising atau periklanan sekarang? Semoga artikel ini dapat menambah wawasan Anda.

Gravatar Image
Yusuf Hidayat adalah Founder Digitalmarketingproperty.com. Kekagumannya pada metode pemasaran Digital dimulai sejak 2007 dengan Mendalami Search Engine Optimization (SEO). Sejak 2013 fokus di digital marketing dengan specialisasi : Search Engine Optimization (SEO), Search Engine Marketing (SEM), Social Media Marketing (SMM)