Tip dan Trik Komputer untuk Menjaga Komputer Anda Aman dari Virus

Posted on

Digitalmarketingproperty.com – Virus komputer dapat menginfeksi komputer Meskipun tidak termasuk golongan makhluk hidup seperti manusia, namun perlu kita ketahui bahwa komputer juga dapat terkena penyakit yang disebabkan oleh infeksi virus tersebut, adalah virus komputer merupakan program software yang dirancang. menggandakan diri dan menyebar dari satu komputer ke komputer lain dalam banyak kasus, program yang dianggap sangat berbahaya, karena tujuannya adalah merusak dapat menyebabkan kerusakan fatal pada komputer dengan berbagai tips dan trik komputer, dalam penggunaan komersial, istilah ” virus komputer “mencakup semua bentuk malware, atau software berbahaya lainnya.

Beberapa gejala infeksi virus komputer disebabkan kinerja komputer menjadi sangat lambat, hilangnya atau rusaknya data dan sistem operasi komputer crash. Namun masih banyak virus komputer yang dirancang untuk tetap tersembunyi di dalam komputer dan tidak disadari, sehingga malware dapat menyebar menginfeksi komputer secara diam-diam. Sejak virus komputer pertama di dunia bernama Elk Cloner, keluar dari laboratorium pada tahun 1981, jutaan lebih virus komputer telah dibuat oleh pemrogram yang ingin menyabotase komputer lain. Faktanya, kini diperkirakan ada lebih dari 30.000 program malware unik yang bermunculan setiap hari.

Program jahat ini seringkali bekerja dengan menempelkan dirinya pada program sah yang sering kita gunakan, dan ketika program tersebut diaktifkan, kita juga akan mengaktifkan atau mengeksekusi kode virusnya. Selain itu, virus komputer dapat masuk ke dalam komputer dengan berbagai cara lain, seperti melalui lampiran email, untuk mengunduh file dari Internet atau bahkan pada saat kita mengunjungi situs web yang telah terkontaminasi virus.

Komputer juga bisa mendapatkan “penyakit” dari penyebab selain virus, seperti worm komputer, trojan horse dan spyware, atau virus mata-mata. Tidak seperti virus, worm tidak perlu menempelkan dirinya sendiri ke program di komputer Anda, dan tidak dapat merusak file di komputer yang terinfeksi. Namun worm seringkali membuat jaringan komputer menjadi lambat karena membutuhkan bandwidth, atau kemampuan sebuah komputer untuk mengolah data, saat worm tersebut bereplikasi dan menyebar.

Baca Juga  16 Gadget Luar Biasa yang Tak Pernah Kita Kenal

Sementara itu, kuda Troya tidak mereplikasi dirinya sendiri. Namun, program ini bertindak sebagai sarana bagi peretas untuk mendapatkan akses ke komputer seseorang untuk mengirim spam atau mencuri sandi email. Dan terakhir, spyware memonitor program aktivitas pengguna komputer, seperti situs web yang mereka kunjungi, tanpa disadari pengguna, dan dapat menampilkan iklan pop yang tidak kita inginkan atau dapat mencuri informasi sensitif seperti nomor kartu kredit.

Bagaimana menjaga komputer Anda aman dari virus

Menggunakan Antivirus – Salah satu elemen tips dan trik komputer untuk proteksi adalah dengan menggunakan software antivirus komputer dan selalu update versinya. Banyak program antimalware yang menyediakan perlindungan virus, spyware, Trojan, horse, keystroke logger, dan perangkat lunak berbahaya lainnya selalu tersedia dengan fitur pembaruan manual. Setidaknya periksa lisensi antivirus aktif. Jika sudah kedaluwarsa enam bulan lalu, antivirus atau antimalware tidak akan melindungi perangkat komputasi.

Always Enable Firewall – Suatu saat kita merasa komputer sudah terlindungi ketika memiliki program antivirus, perangkat komputasi juga harus dilindungi firewall yang berfungsi sebagai filter proteksi dari malware dan penyusup. Jika terkena malware, firewall dapat mencegah program jahat yang terhubung ke internet.

Firewall aktif dalam memblokir kuda Troya, bentuk umum malware yang dapat mentransfer file data dari komputer tanpa sepengetahuan pengguna. Kemudian unduh file berbahaya ke program di komputer. Firewall adalah perangkat lunak. Tetapi lebih sering menjadi bagian dari Internet Security Suite, sedangkan firewall perangkat keras biasanya menghubungkan perangkat antara Internet dan komputer, biasanya termasuk menjadi bagian dari router jaringan.

Aktifkan Pembaruan Microsoft – Memperbarui Microsoft Windows, Office, dan Internet Explorer melalui Pembaruan Microsoft sangat penting. Pembaruan ini gratis dan dapat diunduh secara manual melalui Windows atau menginstalnya. Microsoft secara berkala menyediakan fitur Service Pack. Pembaruan ini membuat program stabil sistem, tidak ada penurunan kinerja dan pelanggaran keamanan. Jika Anda menggunakan browser Mozilla Firefox adalah alternatif yang baik untuk menggantikan Internet Explorer. Pastikan selalu untuk memperbaruinya melalui Pembaruan Firefox.

Baca Juga  Ulasan Dan Spesifikasi Apple iPad Terbaru 2020

Memperbarui Komponen Keamanan Komputer – Disarankan untuk sesekali memeriksa komponen keamanan seperti antivirus dan antispyware, jika perangkat lunak tersebut kedaluwarsa, sistem komputasi rentan terhadap ancaman cybercrime, jika sekarang komputer, laptop atau notebook telah terkena virus dan sulit diatasi.

Cara menghapus virus dari komputer

Tips dan trik komputer yang pertama untuk menghindari virus komputer menginfeksi komputer, kita harus hati-hati dalam proses transfer data dari flashdisk, memori ponsel, jaringan, dan untuk pencegahannya kita perlu menampilkan file-file yang ada di sembunyikan.

Hapus file virus – Manfaat fasilitas Windows ini disediakan di Windows Explorer untuk menemukan file yang dicurigai virus.

Nonaktifkan virus – Ini sangat penting dilakukan. Biasanya proses virus berbentuk folder berbentuk icon juga file berbentuk Microsoft Word. Gunakan aplikasi seperti process explorer, pocket KillBox, showkill process dan lain sebagainya.

Registry Restore – Jika tidak dilakukan, maka virus tidak mungkin bisa merusak komputer kita lagi. Hapus jadwal tugas entri dibuat virus jika ada.

Disable system restore – Fasilitas yang disediakan oleh windows restore ini berfungsi dalam konfigurasi sistem ke dalam konfigurasi sistem sebelumnya. Ini adalah tip dan trik komputer penting agar tidak mengembalikan konfigurasi sistem sebelumnya yang telah dirusak virus.

Gravatar Image
Yusuf Hidayat adalah Founder Digitalmarketingproperty.com. Kekagumannya pada metode pemasaran Digital dimulai sejak 2007 dengan Mendalami Search Engine Optimization (SEO). Sejak 2013 fokus di digital marketing dengan specialisasi : Search Engine Optimization (SEO), Search Engine Marketing (SEM), Social Media Marketing (SMM)