Trik Jitu Menginstal Windows 7 menggunakan Flashdisk

Posted on

Digitalmarketingproperty.com – Pada umumnya untuk install PC banyak orang menggunakan CD/DVD untuk install komputer atau laptop, untuk install PC menggunakan CD/DVD kita membutuhkan CD/DVD room. terkadang kita sedikit kesulitan jika ingin menginstall pc atau laptop yang tidak memiliki ruang dvd, karena menginstal menggunakan cd/dvd pasti membutuhkan ruang cd/dvd, begitu juga memasang netbook, dan menambah lag karena laptop keluaran terbaru ketika banyak ruangan tidak menggunakan DVD. Pabrikan laptop saat ini banyak mengeluarkan laptop berbentuk Slim, namun karena alasan ini pabrikan tidak menyertakan ruang DVD pada laptop berukuran Slim.

Berdasarkan faktor-faktor di atas, sebenarnya ada cara lain yang bisa kita lakukan untuk menginstal PC atau laptop tanpa menggunakan CD/DVD. Flashdisk bisa kita gunakan untuk menginstall laptop, jika kita bandingkan dengan CD/DVD menginstallnya dengan flashdisk ternyata lebih efektif dan efisien, karena kita hanya membutuhkan flashdisk dengan ukuran 4GB saja. perlu beli, pinjam saja dari teman kerja atau teman sekolah. instal dengan cepat dan dengan bantuan aplikasi bernama Rufus kita tidak perlu repot menggunakan DVD room dan juga membeli CD/DVD kemudian membakarnya, cara install menggunakan flash disk sangat mudah, dan jika dibandingkan ke CD/DVD, menginstalnya menggunakan flash disk cepat.

Untuk install menggunakan flashdisk kita membutuhkan aplikasi yang bernama rufus, sebelum install menggunakan flashdisk download dulu aplikasi rufusnya bisa search di google untuk aplikasi android, banyak blog yang menyediakan link download.

Sebelum menjelaskan langkah-langkah install PC menggunakan flashdisk, kita harus mem-burning file ISO windows ke dalam flashdisk dengan bantuan aplikasi yang bernama rufus, fungsi file rufus adalah untuk mem-burning file ISO tersebut ke dalam flashdisk untuk di-burning. dapat mengunduh file flash untuk menggunakannya.

Baca Juga  Spesifikasi Dan Harga MacBook Air Terbaru 2020

Langkah-langkah untuk membakar file ISO ke dalam Flash adalah sebagai berikut:

  • Unduh Aplikasi Rufus
  • Instal Aplikasi Rufus yang diunduh
  • Colokkan Flashdisk ke PC/laptop
  • Buka aplikasiŃ– Rufus
  • Jika sudah dibuka, aplikasi Rufus akan membaca flashdisk yang kita pasang
  • Klik freeDOS lalu ganti dengan ISO mage, lalu klik cond picture con di sebelahnya, akan muncul browser, lalu anda pilih file ISO anda di direktori tempat anda menyimpan file ISO seperti di bawah ini.
  • Langkah selanjutnya adalah klik Bintang, maka akan ada peringatan yang menginformasikan bahwa data akan hilang dalam format, jadi pastikan Anda mencadangkan data terlebih dahulu.
  • Kemudian tunggu sampai proses selesai, akan memakan waktu lama sampai proses selesai, sekitar 15 menit.

Anda sudah bisa menggunakan flashdisk yang sudah kita format dengan aplikasi rufus, cara install menggunakan flash disk sama dengan menggunakan DVD room, perbedaannya hanya terletak pada setting boot pada OS yang biasanya menggunakan DVD, sekarang ubah ke USB.

Gravatar Image
Yusuf Hidayat adalah Founder Digitalmarketingproperty.com. Kekagumannya pada metode pemasaran Digital dimulai sejak 2007 dengan Mendalami Search Engine Optimization (SEO). Sejak 2013 fokus di digital marketing dengan specialisasi : Search Engine Optimization (SEO), Search Engine Marketing (SEM), Social Media Marketing (SMM)