Ulasan Dan Spesifikasi Apple iPhone SE 2020

Posted on

Digitalmarketingproperty.com РIPhone SE 2020 adalah salah satu nilai terbaik di ponsel. Dengan harga kurang dari Rp. 5,5 jutaaan, Anda mendapatkan prosesor Apple A13 Bionic, tidak hanya memberikan kinerja tercepat, tetapi juga kemampuan kamera yang lebih dari ponsel pada  umumnya dan sebanding dengan harganya. semuanya dibungkus dalam desain yang kompak. IPhone SE baru juga menghadirkan banyak fitur premium yang tidak akan Anda temukan di ponsel Android yang harganya sama dengan Iphone ini- termasuk desain logam dan kaca serta pengisian nirkabel agar tahan air.

Beberapa fitur jadul juga tersedia di sini, seperti Touch ID untuk membuka kunci perangkat. Saat saya menulis ulasan iPhone SE 2020 ini, saya berharap Apple memangkas bezel pada ponsel barunya dan menambahkan mode malam untuk kamera. IPhone SE juga menawarkan daya tahan baterai yang jauh lebih sedikit daripada jajaran iPhone 11 dan ponsel Android pesaingnya. Berikut ini Kami ada beberapa ulasan mengenai IPhone SE terbaru 2020.

Desain dan warna

Saya biasanya menyukai desain iPhone SE – dengan satu pengecualian. Sisi positifnya, ini adalah handset yang dibuat dengan sangat baik dengan desain kaca-dan-aluminium kokoh yang sama dengan iPhone 8. Ada tiga pilihan warna untuk iPhone SE: hitam, putih dan Merah. Saya suka bagaimana tali aluminium dicocokkan warnanya dengan bagian belakang perangkat. Saya mencoba model hitam, yang terlihat dan terasa ramping tetapi tetap ada noda meskipun ada lapisan oleophobic. Anda mungkin ingin memilih warna putih jika ingin menyembunyikan sidik jari.

Kelebihan lainnya dari iPhone SE: Seluruh desain hampir kompak secara lucu dibandingkan dengan iPhone 11 Pro Max. Inilah perbedaan antara hampir tidak menyadari ada ponsel di saku depan Anda dan membuatnya menonjol. Saya juga tidak merasakan ketidaknyamanan saat bermain game selama lebih dari 30 menit setiap kali; Saya tidak bisa mengatakan itu tentang iPhone 11 Pro Max saya.

IPhone SE berukuran 5,45 x 2,65 x 0,29 inci dan berat 5,22 ons, yang lebih kecil dan lebih sempit dari Google Pixel 3a tetapi dengan berat yang sama. Pixel 3a memiliki layar 5,6 inci yang lebih besar tetapi desain plastik yang lebih murah. Desain iPhone SE 2020 juga memiliki ketahanan air IP67, yang berarti dapat terendam dalam cuaca 1 meter selama 30 menit. Anda juga tidak perlu khawatir tentang kopi atau soda yang tumpah dengan ponsel ini.

Sayangnya, bezel di sekitar layar iPhone SE terlihat besar dan kuno untuk smartphone tahun 2020. Saya terus mencoba memperbesar video tetapi tidak berhasil. Saya ingin Apple memasang layar yang lebih besar dalam ukuran sasis yang sama. Masalah lainnya adalah sentuhan Haptic tidak berfungsi pada layar kunci iPhone SE karena alasan tertentu. Tidak seperti iPhone lainnya, Anda tidak dapat menekan lama pada notifikasi untuk meluaskannya di layar kunci.

Baca Juga  Rahasia Menyembunyikan File Dalam Gambar Dengan Akurat

Touch ID

Meskipun Apple telah menawarkan ID Wajah di semua ponsel barunya selama beberapa tahun terakhir, iPhone SE 2020 baru menggunakan sensor ID Sentuh di bawah layar untuk membuka kunci perangkat. Sensor yang sama ini dapat digunakan untuk mengotorisasi unduhan App Store, Apple Pay, dan memasukkan kata sandi.

Seperti yang saya ingat, tombol kombo Touch ID / home berfungsi dengan baik, dan Anda dapat memilih jumlah umpan balik haptik yang Anda sukai saat menekan. Tombol Touch ID memiliki manfaat yang sangat penting – dan tidak terduga – saat ini karena banyak yang diperintahkan untuk memakai masker di depan umum. Anda masih dapat dengan mudah membuka kunci iPhone SE tanpa harus melepas topeng. Face ID tidak akan berfungsi dengan masker.

Tampilan

Layar 4,7 inci pada ponsel modern mungkin tampak kuno, tetapi panel yang diterapkan pada ponsel yang satu ini tidak akan membuat konseumen merasa kecewa. Layar iPhone SE juga berfungsi dengan baik dalam menampilkan detail yang lebih halus dalam adegan Tiger King: Saya bisa melihat kumis individu di wajah hewan yang agung. Hanya saja, jangan mengharapkan gambar full HD. Resolusi layar iPhone SE hanya 1334 x 750 piksel. Kami lebih suka melihat tampilan 1080p tetapi itu tidak terlalu buruk. Layar iPhone SE cerah, karena dinilai untuk 625 nits dan skor yang lebih tinggi 653 nits dalam pengujian kami.

Ini juga jauh lebih cerah daripada 401 nits Pixel 3a. Saya tidak mengalami masalah apa pun untuk melihat layar di luar ruangan saat menjelajahi web atau mengambil foto. Panel ini juga mendukung True Tone, yang berarti dapat menyesuaikan suhu warna layar secara otomatis berdasarkan kondisi pencahayaan sekitar. Berdasarkan pengujian kami, layar iPhone SE mereproduksi 111,2% dari gamut warna sRGB, yang tertinggal 182,3% dari panel OLED Pixel 3a. IPhone SE juga memberikan warna yang akurat, dengan skor Delta-E 0,2; skor nol sempurna. Layar Pixel 3a mendapatkan skor 0,18 yang sedikit lebih baik.

Kamera

Kamera iPhone SE 2020 sangat bagus sehingga Anda akan kesulitan membedakannya dan iPhone 11 dalam banyak kasus. Satu-satunya pengecualian adalah mode Malam, yang tidak dimiliki iPhone SE. Seperti iPhone 8, iPhone SE memiliki fitur kamera belakang 12 megapiksel tunggal dan kamera depan 7 megapiksel. Anda tidak mendapatkan lensa sudut ultra lebar seperti iPhone 11 atau lensa telefoto dengan zoom optik seperti iPhone 11 Pro. Namun chip A13 Bionic meningkatkan kinerja kamera iPhone SE dalam beberapa cara. Misalnya, Anda dapat mengambil potret menggunakan kamera belakang dan depan pada iPhone SE, lengkap dengan efek Pencahayaan Potret dan kemampuan untuk mengontrol kedalaman bidang. IPhone SE juga mendapat manfaat dari Smart HDR karena menonjolkan sorotan di wajah.

Baca Juga  Tips Menjaga Keamanan Komputer Anda

Saya sangat terkejut dengan tingkat detail pada foto kolam buatan iPhone SE ini. Anda dapat melihat tetesan air di air terjun di kejauhan, dan tanaman hijau muncul di sekitar formasi batuan. IPhone SE juga berhasil menangkap ikan hitam-putih dan oranye-putih di kolam itu, serta air biru kehijauan. IPhone SE bertahan dengan Pixel 3a dalam foto bunga sakura merah muda terang ini. Bidikan iPhone SE lebih hangat dan lebih cerah, tetapi gambar Pixel 3a sedikit lebih detail dan lebih kontras. Saya juga memberikan anggukan ke iPhone SE di sini dengan potret ini. Warna kulit saya terlihat lebih alami dan efek bokeh terlihat sangat meyakinkan. Pixel berhasil mengambil sebagian dari sisi kanan kepalaku. Ada satu kelemahan kecil pada iPhone SE saat mengambil potret; Anda harus lebih dekat dengan subjek Anda daripada yang Anda lakukan dengan iPhone 11 Pro karena iPhone SE tidak memiliki lensa telefoto. (Anda akan berada dalam jarak 6 kaki, yang tidak ramah jarak sosial.)

IPhone SE maju di foto koktail Aperol Sprtiz ini. Gambar keseluruhan terlihat lebih cerah dan lebih menarik. Saya juga suka bagaimana iPhone SE mengaburkan latar belakang. Satu-satunya serangan terhadap iPhone di sini adalah ubinnya terlihat lebih kuning daripada putih; Pixel 3a benar. Satu-satunya kelemahan kamera untuk iPhone SE adalah tidak adanya Night Mode. Dalam foto yang diambil di luar pada malam hari, Pixel 3a mampu menampilkan pepohonan di latar depan, mobil di jalan, dan rumah di latar belakang. Anda hampir tidak bisa melihat apa pun dalam jepretan iPhone SE. Saya tidak tahu apakah iPhone SE dapat melakukan mode Malam dengan peningkatan perangkat lunak, tetapi akan sangat menyenangkan melihat Apple menambahkan fitur tersebut. IPhone SE juga mampu merekam video 4K hingga 60 fps, dan Anda dapat menikmati rentang dinamis yang diperluas jika Anda menurunkan frame rate ke 30 fps. Ini memunculkan lebih banyak detail dalam bayangan bersama dengan sorotan yang lebih baik.

Kinerja

Sementara pembuat ponsel Android melengkapi ponsel anggaran mereka dengan prosesor yang lebih lemah, iPhone SE mengemas chip A13 Bionic mutakhir yang sama dengan iPhone 11 dan iPhone 11 Pro. Artinya, Anda akan menikmati performa cepat dan responsif yang sama. Misalnya, iPhone SE menghadirkan gameplay yang halus dan mulus saat saya melaju di Sayonara Wild Hearts dan mencoba untuk tetap berada di jalur di Super Impossible Road. Grafiknya tidak begitu tajam karena tampilan beresolusi rendah iPhone SE, tetapi keseluruhan aksinya sama cepat dan menyenangkan. Memuat aplikasi dan beralih antar aplikasi juga bebas lag. Pengguliran di iPhone SE terasa lebih lambat daripada di ponsel dengan kecepatan refresh 90Hz atau 120Hz, tapi saya tidak mengharapkan keuntungan itu pada ponsel di bawah 5,6 juta.

Baca Juga  Spesifikasi Dan Harga MacBook Air Terbaru 2020

Di Geekbench 5, yang mengukur kinerja keseluruhan, iPhone SE mencetak skor 3.226 pada pengujian multi-core dan 1.337 pada porsi single-core. Angka-angka itu sebanding dengan apa yang diserahkan iPhone 11 (3.251 dan 1.331). Mereka juga mengalahkan Galaxy S20, yang mencetak 3.147 dan 867 dan harganya lebih mahal $ 600. IPhone SE juga berkinerja sangat baik pada tes kinerja dunia nyata. Ponsel hanya membutuhkan 43 detik untuk mentranskode video 4K menjadi 1080p setelah menerapkan beberapa pengeditan di aplikasi Adobe Premiere Rush. Hasil itu sebenarnya mengalahkan Samsung Galaxy S20 yang lebih mahal, yang membutuhkan waktu 1 menit 15 detik.

Baterai

IPhone SE dinilai untuk daya tahan baterai lebih sedikit daripada iPhone 11, jadi Anda tidak boleh mengharapkan daya tahan terlama. Misalnya, Apple mengatakan bahwa iPhone SE memberikan 13 jam pemutaran video, dibandingkan 17 jam untuk iPhone 11. Pada Tes Baterai Panduan Tom, yang melibatkan penjelajahan web terus menerus melalui 4G LTE, iPhone SE 2020 rata-rata memiliki waktu 9 jam dan 18 menit. Itu jauh di bawah ketahanan iPhone 11 (11:16), iPhone 11 Pro (10:24) dan iPhone 11 Pro Max (11:54). IPhone SE juga mengikuti Google Pixel 3a, yang bertahan epik 11:59 pada pengujian kami.

Dalam pengujian anekdot saya, saya menemukan bahwa iPhone SE memang memiliki daya tahan yang lebih rendah daripada iPhone 11 Pro Max saya, karena memiliki baterai yang lebih kecil. Misalnya, setelah mencabut iPhone SE pada jam 7 pagi dan menggunakannya untuk berselancar web, bermain game, mengambil foto, dan lainnya sepanjang hari, saya memiliki sisa daya 20% pada jam 8 malam. Itu tidak buruk, tetapi iPhone 11 Pro Max saya masih memiliki daya hampir 40%.

Sayangnya, iPhone SE dilengkapi dengan pengisi daya Lightning 5 watt standar Apple. Dan dengan itu Anda dapat mengharapkan untuk mendapatkan daya hanya 29% dalam 30 menit, berdasarkan pengujian kami. Jika Anda ingin dapat mengisi daya ponsel ini hingga 50% dalam 30 menit, Anda harus membayar ekstra untuk pengisi daya 18W dari Apple. Harganya Rp. 400 ribuan untuk power brick dan $ 19 lainnya untuk kabel USB C ke Lightning. Jika Anda ingin menggunakan nirkabel, iPhone SE mendukung pengisian nirkabel 7,5W dan mendukung standar Qi. Lihat semua pengisi daya nirkabel terbaik untuk dipasangkan dengan telepon ini.

Gravatar Image
Yusuf Hidayat adalah Founder Digitalmarketingproperty.com. Kekagumannya pada metode pemasaran Digital dimulai sejak 2007 dengan Mendalami Search Engine Optimization (SEO). Sejak 2013 fokus di digital marketing dengan specialisasi : Search Engine Optimization (SEO), Search Engine Marketing (SEM), Social Media Marketing (SMM)