Trend Digital Marketing 2022 di Indonesia

Posted on

Digitalmarketingproperty.com – Tahun 2022 memang akan segera kita jalani. Bahkan dalam segi bisnis juga sudah mulai menerka-nerka apa yang akan  terjadi pada tahun 2022. Bukan peramal, namun  berdasarkan riset yang telah dilakukan. Bahkan sudah ada lho beberapa trend digital marketing 2022 di Indonesia yang tampaknya mulai diperhatikan beberapa perusahaan bisnis.

Meski belum digunakan, namun beberapa trend digital marketing 2022 di Indonesia ini bisa dijadikan sebagai rekomendasi sistem pemasaran yang bisa dilakukan untuk mengembangkan sebuah bisnis lho. Siapa yang tahu jika satu model digital marketing bisa membuat sebuah brand menjadi lebih besar. Berikut ini adalah beberapa prediksi trend digital marketing 2022 di Negara  Indonesia.

Mobile-first marketing

Keperluan akan internet untuk saat ini memang tak bisa dipungkiri. Bahkan dalam mencari informasi penting sekalipun internet sangat dibutuhkan. Selain internet, keperluan akan penggunaan sebuah perangkat juga sangat diperlukan.

Dibandingkan dengan menggunakan perangkat komputer atau laptop. Penggunaan ponsel sebagai media mencari informasi dari internet terbilang lebih tinggi. Tentunya para perusahaan yang menjalankan usahanya menggunakan bantuan internet juga perlu tahu akan kondisi tersebut.

Dalam hal ini penerapan Mobile-first marketing. Mobile-first marketing bisa dibilang juga sebagai proses marketing dengan memanfaatkan perangkat ponsel. Tentunya dibutuhkan sebuah website yang sudah mobile friendly.

Website mobile friendly adalah sebuah website yang memiliki tampilan fleksibel terhadap rasio perangkat yang digunakan. Baik itu pada ponsel maupun pada laptop atau komputer, website tersebut bisa menyesuaikan diri secara otomatis tanpa mengganggu kenyamanan para pengguna.

Content marketing

Siapa bilang content marketing tidak dibutuhkan di tahun 2022. Pasalnya keberadaan content marketing sangat dibutuhkan sekali untuk keberlangsungan proses pemasaran suatu produk yang memanfaatkan media online.

Adanya content marketing bisa memberikan dukungan penuh agar website berada di posisi pertama halaman awal media pencarian seperti Google. Distribusi konten yang relevan dan mudah dimengerti sekaligus menarik menjadi salah satu hal yang akan diberikan para content marketing.

Voice search

Berikutnya adalah voice search pada dunia online. Kemajuan teknologi seakan-akan selalu memberikan pelayanan yang terbaik bagi para pengguna. Saat ini memang sudah ada sebuah fitur layanan voice search yang bisa digunakan oleh semua user internet.

Voice search sendiri adalah sebuah proses pencarian informasi yang dilakukan pengguna melalui deteksi suara. Suara tentang kata kunci yang digunakan akan secara otomatis membuat halaman pencarian memberikan penelusuran tanpa membutuhkan ketukan dari pengguna.

Jika saja beberapa keyword artikel atau konten yang ada pada website kalian memang relevan dan kerap dicari. Maka pemanfaatan voice search juga akan semakin mudah membuat website yang kalian miliki untuk ditemukan.

Artificial intelligence atau AI

Artificial intelligence atau AI sampai saat ini sudah mulai banyak digunakan oleh kalangan pebisnis. AI juga bisa disebut dengan kecerdasan buatan. Pada tahun 2022, tren penggunaan AI akan lebih banyak digunakan oleh para pebisnis.

Sebab efisiensi dan kemajuan teknologi bisa diperlihatkan dengan adanya AI tersebut. Bahkan beberapa perusahaan di tahun 2021 juga sudah mulai menggunakan fitur AI pada bisnisnya. Itu artinya AI memang bisa memberikan dukungan terbaik pada sebuah bisnis khususnya dalam segi digital marketing.

Hybrid event

Selama beberapa waktu terakhir ini tak bisa dipungkiri jika pandemi covid memang kerap menjadi salah satu terkendalanya berbagai kegiatan. Namun para pengembang teknologi seakan-akan mampu membuat sebuah gebrakan baru yaitu hybrid event.

Gabungan bisnis dengan teknologi memang diterapkan dengan matang pada metode ini. Jika sebuah perusahaan bisnis ingin mengadakan event kala pandemi. Ya hybrid event adalah pilihan terbaik. Hybrid event adalah sebuah metode penggabungan event offline dengan online.

Nantinya para pengunjung kegiatan yang sedang dilangsungkan bisa datang ke area event atau melalui sistem online. Jika sebelumnya kalian mengenal  video call, metode hybrid event hampir sama dengannya.

Visual search

Pernah bertemu dengan gambar namun bingung kata kunci yang digunakan untuk pencarian gambar serupa di halaman internet seperti Google. Tak perlu khawatir akan hal tersebut, sebab ada beberapa fitur yang bisa mempermudah kalian untuk menemukan gambar tersebut.

Fitur tersebut adalah sebuah visual search. Dimana kalian hanya perlu memasukkan gambar pada sebuah halaman pencarian internet tanpa mengetikkan kata kunci. Secara otomatis mesin pencarian internet akan lebih mudah menemukan apa yang kalian ingin cari.

Visual search juga bisa dijadikan sebuah bantuan untuk digital marketing lho. Bahkan kedepannya kemungkinan besar fitur visual search sudah mulai marak digunakan. Para pengguna internet tidak perlu menggunakan sebuah kata kunci untuk mencari sebuah produk yang mereka inginkan.

Tentunya para pebisnis juga harus mulai memperhatikan perkembangan fitur ini. Bahkan jika memungkinkan, melakukan pengaplikasian fitur visual search ini memang benar-benar bisa terapkan.

Podcast

Belakangan ini media hiburan podcast memang sudah mulai banyak diperhatikan oleh semua kalangan. Postcast bisa dibilang hampir sama seperti radio yang memanfaatkan media suara untuk visualisasi apa yang ingin disampaikan oleh pihak terkait.

Siapa sangka jika dengan media podcast juga bisa dijadikan salah satu metode digital marketing. Dilihat dari segi peminatnya, podcast memang terbilang melonjak begitu cepat meningkatkan kepopulerannya. Para pebisnis bisa memanfaatkan celah tersebut untuk meningkatkan brand awareness dan audience engagement.

Dimana para pendengar akan lebih mudah mengingat audio yang mereka dengar terhadap produk yang sedang diulas. Penyampaian yang menarik dan juga daya tarik yang cukup tinggi bisa membuat brand lebih mudah dikenal bahkan lebih luas jangkauan pasarnya.

Nah bagaimana, hanya dengan suara sebuah brand bisa lebih mudah dimengerti dan dikenal oleh semua kalangan khususnya anak muda. Menarik bukan.

Live streaming shopping

Belanja online memang sudah bisa dengan mudah kalian lakukan. Tapi bagaimana dengan live streaming shopping apakah pernah mendengarnya? Ya belakangan ini trendz live streaming shopping memang sudah menjadi salah satu hal kekinian.

Peran penting influencer dan pemanfaatan teknologi seperti media streaming bisa digunakan sebagai dukungan promosi sebuah produk lho. Ke depannya, trend live streaming shopping bakal lebih banyak dilakukan.

Tentunya berbagai inovasi juga akan dilakukan pada trends tersebut. Sebaiknya para pebisnis sudah mulai melirik trends ini. Sebab begitu mudah lho menggaet calon customer jika mereka tahu review produk melalui video.

Bahkan adanya live streaming juga terbilang bisa menjadikan interaksi secara langsung antara calon customer dengan pihak influencer.

Chatbot

Meski terdengar begitu familiar, namun ada beberapa website yang tidak menyediakan fitur chatbot. Ya memang tak bisa dipungkiri setiap customer membutuhkan yang namanya respon cepat dari pihak penjual.

Namun keterbatasan waktu dan tenaga terkadang membuat penjual kewalahan menghadapi ribuan customer. Dalam hal ini peran penting chatbot sangat diperlukan. Sebab chatbot bisa meminimalisir slow respon yang dilakukan oleh penjual.

Setidaknya para customer mendapatkan jawaban lebih cepat dan merasa diperhatikan oleh pihak penjual.

Nah itulah beberapa trend digital marketing 2022 di Indonesia yang bisa kalian gunakan untuk mengembangkan bisnis yang sedang dijalankan. Selalu ingat jika pemasaran produk butuh proses dan effort yang begitu kuat.

 

Gravatar Image
Yusuf Hidayat adalah Founder Digitalmarketingproperty.com. Kekagumannya pada metode pemasaran Digital dimulai sejak 2007 dengan Mendalami Search Engine Optimization (SEO). Sejak 2013 fokus di digital marketing dengan specialisasi : Search Engine Optimization (SEO), Search Engine Marketing (SEM), Social Media Marketing (SMM)