7 langkah dalam memulai digital marketing

Posted on

Digitalmarketingproperty.com– Digital marketing semakin populer belakangan ini. Selain karena mudah diakses oleh semua kalangan masyarakat dan pelaku bisnis, digital marketing juga tidak memakai modal atau anggaran awal yang besar. Meskipun demikian setiap pelaku bisnis yang ingin memulai digital marketing harus mempersiapkan strategi digital marketing dengan baik. Berikut ini langkah-langkah memulai suatu digital marketing. 

  1. Rencanakan bisnis dan tentukan target konsumen

Langkah pertama dalam memulai bisnis digital marketing ialah dengan melakukan perencanaan bisnis dengan baik. Tuliskan dengan rapi semua rencana bisnis yang akan dijalankan, mulai dari ide bisnis, modal, persiapan promosi dan lainnya. Selain itu sangat penting untuk mengenali target konsumen anda agar kegiatan pemasaran dapat lebih efektif dan efisien.

2. Tentukan target penjualan

Mengenali target pemasaran dan konsumen akan memberikan dampak dan manfaat digital marketing yang besar untuk keberhasilan bisnis anda. Perlu dicari tahu siapa saja target atau konsumen anda mulai dari kalangan masyarakat mana saja, usia hingga pekerjaan. Setelah mengetahui siapa saja calon konsumen anda selanjutnya tentukan target pemasaran atau angka penjualan yang dicapai nanti. 

3. Sesuaikan dengan kebutuhan konsumen

Langkah berikutnya ialah memahami pasar dan calon konsumen anda, mintalah para konsumen untuk meninggalkan testimoni atau review produk pada setiap kali pembelian. Review dan komentar dari para konsumen sebelum terbukti akan meningkatkan nilai jual produk kedepannya.

4. Buat website dan akun sosial media

Ini merupakan langkah paling penting dalam memulai suatu digital marketing. Gadget maupun laptop akan menjadi kebutuhan anda setiap harinya. Buatlah laman web khusus untuk menjual serta memperkenalkan produk anda. Selain itu akun sosial media sangat penting untuk kegiatan promosi juga pemasaran produk.

5. Gunakan konten yang unik dan berkualitas

Setelah membuat web dan akun media sosial selanjutnya ialah dengan membuat konten unik dan berkualitas yang berkaitan dengan pemasaran produk tentunya. Konten yang tidak bermutu akan mempengaruhi pemasaran produk anda, karena akan mengurangi daya tarik konsumen dalam membeli produk yang dijual. maka dari itu sebisa mungkin gunakan konter berkualitas.

6. Gunakan media sosial untuk kegiatan promosi

Terdapat berbagai macam platform sosial media yang dapat memungkinkan anda melakukan kegiatan promosi produk. Sebagai pebisnis profesional anda harus pintar-pintar memilih platform mana yang paling cocok dan sesuai dengan produk yang tengah dipasarkan. Kegiatan promosi juga harus sering-sering dilakukan, bila perlu lakukan setiap hari demi meningkatkan nilai jual. Selain dengan endorse, anda juga harus rajin memposting setidaknya 2 hari sekali untuk memperkenalkan produk jualan. 

7. Buat strategi dan pahami dasar digital marketing

Langkah terakhir ialah dengan membuat strategi serta pahami dasar digital marketing. Anda bisa belajar dari situs-situs online terpercaya, dari buku strategi bisnis digital marketing atau bahkan dari orang-orang disekitar anda yang paham betul mengenai bisnis digital marketing. Maka dari itu sangat penting untuk membangun relasi dengan sesama pelaku bisnis digital marketing agar bisa saling membagi pengalaman dan tips dalam pengembangan usaha digital marketing. 

Itulah langkah-langkah dalam memulai suatu digital marketing. Salah satu contoh digital marketing yang paling banyak dilakukan saat ini ialah membuka toko online. Kelebihan dari toko online ini selain membutuhkan modal kecil, keuntungan yang didapat sangatlah besar. Maka dari itu bagi para pelaku bisnis, khususnya kaum pemula wajib mencoba digital marketing satu ini.

Gravatar Image
Yusuf Hidayat adalah Founder Digitalmarketingproperty.com. Kekagumannya pada metode pemasaran Digital dimulai sejak 2007 dengan Mendalami Search Engine Optimization (SEO). Sejak 2013 fokus di digital marketing dengan specialisasi : Search Engine Optimization (SEO), Search Engine Marketing (SEM), Social Media Marketing (SMM)